Islamic Solidarity Games (ISG) 2017

ISG Jadi Ajang Pemanasan Atlet Renang Indonesia Jelang SEA Games 2017

Selasa, 18 April 2017 04:35 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet renang Pelatnas PRSI Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet renang Pelatnas PRSI

PB PRSI akan menurunkan para atlet renang andalan mereka dalam dua turnamen berskala internasional di tahun 2017 ini. Yang pertama adalah ajang ISG 2017 di Baku, lalu disusul pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games 2017 di Malaysia.

Pihak PB PRSI pun mengungkapkan bahwa mereka bakal memprioritaskan SEA Games. Meski begitu, ISG tetap tak dikesampingkan dan bakal dijadikan ajang pemanasan atau uji coba.

“Kami mengikutsertakan 3 cabang akuatik yaitu renang, loncat indah, dan polo air. ISG ini menjadi sasaran karena kami membidik SEA Games sebagai target utama,” kata Sekretaris Jenderal PB PRSI, Ali Patiwiri seperti diberitakan Antara.

Meskipun tidak menargetkan perolehan medali atau peringkat, PRSI tetap menganggap kejuaraan multi-cabang olahraga negara-negara Islam itu sebagai tolok ukur prestasi atlet-atlet nasional menuju SEA Games 2017.

“ISG akan menjadi salah satu kejuaraan penilaian promosi dan degradasi bagi atlet-atlet yang akan ikut SEA Games. Jika catatan waktu atau nilai yang diraih atlet-atlet yang mengikuti ISG kurang bagus, mereka akan diganti atlet lain di Malaysia,” katanya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSuasana sebelum latihan atlet renang Pelatnas PB PRSI.

Ali mengatakan bahwa PRSI berencana mengusulkan sebanyak 20 atlet pelatnas renang kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Kami belum mengetahui jumlat atlet yang akan berangkat ke Azerbaijan karena masih menunggu keputusan KOI,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Baku, Anggraeni Widiastuti mengatakan Azerbaijan siap menerima 110 atlet Indonesia yang akan mengikuti 13 cabang olahraga dalam Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 nanti.

Sebanyak 13 cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia adalah bola basket, bola voli, menyelam, akuatik, atletik, para atletik, senam, judo, karate, menembak, taekwondo, angkat beban, dan wushu.