Komunitas Sehat

Jakarta Swim Community, Komunitas Renang yang Berawal Dari Aplikasi

Senin, 14 November 2022 21:16 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
© Jakarta Swim Community.
Komunitas Renang Jakarta Swim Community. Copyright: © Jakarta Swim Community.
Komunitas Renang Jakarta Swim Community.

INDOSPORT.COM – Jika Anda gemar bermain air sekaligus hobi menjaga kesehatan tubuh, renang merupakan olahraga yang cocok untuk dijadikan rutinitas.

Renang juga merupakan olahraga air yang terbilang praktis karena tidak melibatkan banyak atribut.

Kendati begitu banyak sekumpulan penggiat olahraga renang yang tergabung kedalam satu paguyuban dengan visi memajukan renang di Indonesia.

Termasuk Jakarta Swim Community salah satunya, yang merupakan komunitas renang yang berawal dari grup yang dimuat oleh sang founder di sebuah aplikasi.

Berdiri sejak Desember 2014, komunitas ini didirikan oleh Oki Prama yang memiliki hobi renang sejak usia dini.

Selang satu bulan tepatnya pada awal Januari 2015 silam, Oki membuat kopdar perdananya di salah satu kolam renang yang berlokasi di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Kopdar pertama itu tak terlalu berjalan mulus lantaran hanya dihadiri oleh tiga pecinta olahraga renang.

Kendati begitu, hal tersebut tak membuat semangat Oki goyah untuk meramaikan komunitas renang besutannya itu.

Setelah Oki memutar otak dan melacak strategi dengan mengikuti beberapa komunitas olahraga lainnya, akhirnya saat ini Jakarta Swim Community diikuti sekitar 1000 orang di media sosialnya.

“Akhirnya saya buat konsep awal kenapa sih saya buat perkumpulan teman-teman hobi renang? Ya karena saya butuh teman di pinggir kolam untuk ngobrol apapun dari hal politik, gaya hidup, dll,” cerita Oki Prama kepada awak INDOSPORT, Jumat (11/10/22).

“Kan biasanya kita renang bulak balik pasti akan ada waktunya istirahat sejenak di pinggir kolam, nah ini yang saya butuhin teman ngobrol yang hobi renang. Inilah cikal bakal jakarta swim community terbuat,” lanjut pria yang akrab disapa bang Pram itu.