Usia 41 Tahun, Ceni Cetak Gol ke-118

Kamis, 17 Juli 2014 17:06 WIB
Penulis: Joko Sedayu | Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Kiper veteran Rogerio Ceni kembali membuktikan bahwa dirinya tetap sebagai eksekutor tendangan penalti jempolan. Meskipun sudah berusia 41 tahun, Ceni berhasil menambah pundi-pundi golnya menjadi 118 gol saat Sao Paulo mengalahkan Bahia dalam pertandingan lanjutan Brasileiro Serie A.

Gol ke-118 Ceni berasal dari tendangan titik putih. Hadiah penalti diberikan wasit Dewson Fernando Freitas da Silva kepada Sao Paulo setelah Ademilson dijatuhkan di dalam kotak terlarang oleh Titi pada menit ke-12. Dan sepakan keras Ceni ke sisi kiri gawang tidak bisa ditangkap kiper Douglas Pires.

Sejatinya Ceni adalah penjaga gawang, namun kiper yang telah memperkuat Sao Paulo sejak 1992 itu rajin mencetak gol melalui bola mati. Ceni adalah eksekutor tendangan bebas dan tendangan penalti di Sao Paulo. Prestasi itu membuat Ceni sebagai kiper dengan catatan gol terbanyak di dunia.

Selain memiliki prestasi individu yang mengagumkan, Ceni juga menjadi bagian dalam sejarah Sao Paulo. Sejauh ini Ceni telah mempersembahkan tiga gelar juara Brasileiro Serie A, dua trofi Copa Libertadores, hingga Copa Sudamericana. Selain itu Ceni juga menjadi man of the match saat Sao Paulo mengalahkan Liverpool pada final Piala Dunia Antarklub 2005.

Apakah Ceni akan terus menambah koleksi golnya? Selama dia berada di bawah mistar gawang Sao Paulo, eksekutor utama bola mati tetap dipegang oleh pemilik 16 caps tim nasional Brasil tersebut.

590