FIFA Investigasi Perekrutan Pemain Remaja Madrid

Senin, 26 Januari 2015 20:39 WIB
Editor: Dimas Hendro Nugroho
 Copyright:

FIFA sedang menginvestigasi Real Madrid untuk menyelidiki apakah klub tersebut mematuhi sepenuhnya Pasal 19 peraturan FIFA mengenai Regulasi tentang Transfer dan Status Pemain, yang melarang perekrutan pemain berumur dibawah 18 tahun kecuali dengan kondisi spesifik tertentu.

Harian Spanyol AS melalui situsnya futbol.as.com mengklaim bahwa mereka bisa mengakses dokumen tersebut dimana FIFA mengkategorikannya sebagai strictly confidential (sangat rahasia).

Dokumen itu menyatakan bahwa FIFA telah memerintahkan RFEF (PSSI-nya Spanyol) untuk mengumpulkan seluruh dokumentasi mereka mengenai semua pemain muda asing yang direkrut Madrid (20 orang), memastikan bahwa pemuda-pemuda itu telah menandatangani perjanjian kerjasama resmi.

Di sebuah surat perintah, Kimberly Morris, Kepala Kepatuhan dan Integritas FIFA telah menugaskan RFEF pada (17/12/2014) lalu untuk menyerahkan dokumentasi tersebut sebelum (14/01/2015). Namun menurut sumber yang berkonsultasi dengan AS, tim hukum Madrid telah menunda pengiriman dokumentasi tersebut ke Zurich, Swiss - markas FIFA.

Kasus yang dibuka oleh FIFA ini tentu saja mewarnai sepak terjang Madrid di bursa transfer saat ini dimana diminggu-minggu terakhir ini mereka baru saja merekrut Mink Peeters (16 tahun - Ajax Amsterdam), Marco Asensio (18 – Real Mallorca) dan Martin Odegaard (16 – Stromsgodset) serta sedang mempertimbangkan pembajakan Hachim Mastour (16 – AC Milan).

Sayangnya baru sejauh itulah yang diungkap oleh AS, sementara detail-detail lainnya terkait hal ini masih dalam penantian.

5