Legenda Kroasia Dituduh Terlibat Pengaturan Skor

Rabu, 1 Juli 2015 21:55 WIB
Editor: Randy Prasatya
©
 Copyright: ©

Presiden Federasi Sepakbola Kroasia (HNS), Davor Suker, membantah keras pada hari Selasa terkait laporan yang mengaitkannya dengan keterlibatan skandal pengaturan pertandingan terbesar di Eropa.

"Tidak pernah dalam hidup saya terlibat dalam kegiatan pengaturan atau mempengaruhi hasil pertandingan sepakbola," Suker, juga menjadi anggota komite eksekutif UEFA, membuat sebuah pernyataan.

"HNS dan saya keduanya memiliki komitmen kuat untuk melawan penyakit yang mengerikan yaitu pengaturan skor pertandingan."

Penyangkalan Suker itu menyusul laporan media Jerman yang melibatkan dia dengan Ante Sapina, tokoh kunci dalam skandal match fixing 2009 yang mengguncang sepakbola Eropa.

Menurut siaran ARB Jerman, jaksa Jerman dari Bochum memiliki bukti - yang terdiri dari pesan teks dan menyadap percakapan telepon - bahwa Suker telah melakukan kontak dengan Sapina pada beberapa kesempatan di tahun 2009.

Sapina diduga memberi tahu Suker cara untuk bertaruh, setidaknya sekali di Liga Champions dan dua kali di Liga Eropa.

Tahun 2011, Sapina dijatuhi hukuman lima tahun dan masa percobaan setengah tahun oleh pengadilan Bochum setelah menjadi pemimpin sebuah geng yang menyuap pemain dan ofisial dalam pertandingan di seluruh Eropa untuk mengatur hasil dan mereka bertaruh banyak pada pertandingan tersebut.

Selama percobaan enam bulan, Sapina dan anggota gengnya mengaku mengatur sekitar 50 pertandingan di seluruh Eropa.

Pada hari Selasa, Suker menekankan jika ia tidak pernah diperiksa suatu badan yang berwenang mengenai dugaan hubungan dengan Sapina dan petaruh lainnya.

Kejaksaan Jerman sendiri telah menyelidiki masalah pengaturan pertandingan selama tujuh tahun hingga sekarang.

Suker adalah mantan pemain Kroasia yang telah mencetak 45 gol dalam 69 pertandingan internasional bersama Kroasia.Di Piala Dunia 1998 Suker berhasil membawa negaranya merebut posisi tiga di Prancis dan ia juga dinobatkan sebagai top skor di ajang empat tahunan tersebut dengan 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%