Ini Hasil Rapat Komite Exco PSSI

Selasa, 15 September 2015 21:39 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
 Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim

Salah seorang anggota Exco PSSI, Djamal Aziz menjelaskan dalam rapat kali ini, ada tiga poin penting yang dihasilkan. Yang pertama adalah Liga Nusantara yang tetap akan diadakan oleh Assosiasi Provinsi, yang kedua berjalannya Piala Suratin, dan yang ketiga adalah penunjukan tim verifikasi promotor turnamen.

"Intinya ada tiga poin, yang pertama Liga Nusantara akan diadakan oleh Asprov, kedua piala Suratin tetap berjalan, dan yang terakhir exco akan menunjuk tim verifikasi," jelas Djamal Aziz di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Dibentuknya tim verifikasi adalah untuk mengantisipasi insiden seperti pada turnamen Piala Presiden dimana tidak ditunjukannya logo PSSI selama berlangsungnya Piala Presiden. Padahal sebelumnya, pihak promotor meminta rekomendasi PSSI agar klub-klub ISL mau ikut serta dalam Piala Presiden.

"Kaitan dengan klub ISL, Exco akan menunjuk tim untuk membuat parameter kelayakan bagi EO (Event Organizer) yang ingin mengadakan turnamen. Sebagai tim verifikasi kita berikan parameter merujuk statuta FIFA. Tidak keluar dari statuta, ini (tim verivikasi) untuk EO. Belum tentu ada EO baru, kan ada Mahaka dan EO-EO lainnya, ini untuk penyelenggaraan turnamen bukan kompetisi," sambung Djamal.

Untuk parameternya sendiri, nantinya itu akan ditentukan oleh PSSI dengan tidak keluar dari statuta FIFA. Dalam hal ini PSSI juga tetap bisa memberikan rekomendasi asal EO tersebut lolos dari screening yang telah dikeluarkan PSSI

80