Jakmania Kirim Surat Terbuka untuk Ahok

Senin, 19 Oktober 2015 18:59 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Final Piala Presiden ramai disorot menyusul kekhawatiran bentrok antara Bobotoh Persib dan Jakmania sebagai tuan rumah. Tak terkecuali Gubernur Jakarta Ahok yang ikut mengkritisi Jakmania dengan sejumlah alasan.

Dikutip dari JakOnline, kelompok  Jakmania langsung bereaksi. Beberapa hal  menjadi sorotan antara lain pernyataan Ahok yang iri dengan kepemilikan Bis khusus suporter yang dimiliki Persib Bandung saat berkunjung ke Jakarta.  

“Pak Ahok yang saya hormati, jika memang bapak menginginkan Persija Jakarta memiliki alat transportasi sendiri (BIS), kenapa tidak di fasilitasi? Maaf jika saya sok tau, tapi menurut nalar saya Pemprov DKI bisa berperan disini,” tulis surat terbuka tersebut. 

Kenapa saya bilang Pemprov DKI bisa berperan dalam pengadaan BIS Persija? Berapa banyak Perusahaan-Perusahaan Bis, Travel ataupun transportasi darat yang memiliki usaha di Jakarta? Apa bapak tidak bisa langsung mengajukan satu aja dari sekian banyak perusahaan tersebut untuk bisa memberikan bis untuk Persija. Tentunya dengan perjanjian kerjasama yang menguntungkan juga buat perusahaan bis tersebut.”

Masih mengenai Bis Persija, Desember 2011 kami (Jakmania) pernah menggagas sebuah program pengumpulan dana untuk perbaikan Bis Persija. Memang pada awal kami memulai tersebut Pak Ahok belum menjadi pejabat di DKI, tapi setidaknya ada usaha yang kami lakukan ketimbang hanya berbicara saja yang mungkin sudah bisa dilakukan anak ketika memasuki usia 3-4 tahun,” tulis mereka.

Dalam tulisan tersebut juga disinggung rencana Ahok yang mau membentuk Jakmania FC, agar kelompok suporter ini memiliki kegiatan positif, bahkan dapat menandingi Persija Jakarta yang dinilainya tak dapat berkembang karena terlilit utang.

 “Siapapun dan apapun nama klubnya di luar Persija Jakarta, tentu bukan Jakmania pendukungnya. Pak Ahok pahami dasarnya itu dulu baru bisa berbicara lebih lanjut,” jawab Jakmania dalam surat terbukanya.

Mereka juga menagih janji Ahok saat berkampanye berpasangan dengan Joko Widodo yang menyatakan akan segera membangun Stadion BMW untuk basis kandang Persija.

“Pembangunan Stadion BMW yang bisa digunakan Persija Jakarta sebagai kandang. Dari rencana tahun 2012 hingga saat ini di 2015, mana pak Stadionnya?.”

Karena bagaimana bisa terlihat prestasi yang di inginkan (yang kerap kali Pak Ahok utarakan di media) jika sarana dan prasana pendukungnya tidak ada. Satu hal, disini kita sebagai suporter Persija tidak merengek-rengek untuk dibuatkan stadion baru, karena sebenarnya kita hanya menuntut “rumah” yang dulu pernah ada dan hilang,” tulis mereka menyinggung rencana pembangunan Stadion BMW yang tak terealisasi.

387