Piala Jenderal Sudirman 2015

Mahaka Ubah Format Laga Semifinal PJS 2015

Rabu, 23 Desember 2015 15:21 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Zainal Hasan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Mahaka Sports & Entertainment selaku operator Piala Jenderal Sudirman 2015 langsung mengumumkan terkait format babak semifinal Piala Jenderal Sudirman yang rencananya akan digelar Januari 2016 mendatang.

Seperti Piala Presiden lalu, Babak Semifinal PJS akan dikembalikan dengan sistem double match, yaitu home & away. Setiap tim yang lolos berhak menggelar satu laga menjamu lawannya di venue mereka masing-masing.

"Tim yang menduduki posisi runner-up akan bermain home lebih dulu pada 9 dan 10 Januari. Satu minggu setelahnya baru gantian mereka ke kandang lawan, sama seperti Piala Presiden kemarin," ujar Hasani Abdul Gani, wakil Mahaka Sports selaku operator turnamen PJS.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa aturan adu penalti jika dalam 90 menit laga berakhir seri, otomatis dihapus. Adu penalti baru akan dilakukan jika dalam dua laga home & away, kedua tim bermain dengan skor sama identik.

"Misalkan Arema lawan Mitra Kukar bermain 0-0 di Kaltim, lalu imbang lagi 1-1 di Malang, maka Mitra yang lolos karena unggul gol away. Kita memberi kredit pada hal itu," urainya.

Hasani juga menerangkan bahwa di laga final nanti adalah single match, dengan memakai sistem pertandingan internasional pada umumnya. Hal itu berbeda dengan di babak penyisihan grup dan delapan besar, dimana jika laga berakhir seri, maka tim pemenang ditentukan lewat adu penalti tanpa melalui babak tambahan waktu.

"Final seperti aturan pada umunya. Jika seri dalam 90 menit, kita lanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit, dan jika sama kuat maka harus adu penalti," Hasani menjelaskan.

Seperti diketahui, empat tim sudah dipastikan berlaga di babak semifinal. Arema Cronus akam berhadapan dengan Mitra Kukar, sementara Semen Padang bakal ditantang Pusamania Borneo FC.

Jadwal Laga Semifinal Piala Jenderal Sudirman:

Leg pertama:
9 Januari 2016: Mitra Kukar vs Arema Cronus
10 Januari 2016: Pusamania Borneo FC vs Semen Padang

Leg kedua
16 Januari 2016: Semen Padang vs Pusamania Borneo FC
17 Januari 2016: Arema Cronus vs Mitra Kukar

73