Bepe Segera Jajal Peran Sebagai Pelatih

Senin, 1 Februari 2016 17:56 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Usai tersingkir dari turnamen Piala Jenderal Sudirman beberapa waktu lalu, klub Ibu Kota Persija Jakarta hingga saat ini belum memberikan kejelasan kontrak kepada seluruh pemain dan staf pelatih mereka.

Belum adanya kejelasan kontrak membuat kapten Persija, Bambang Pamungkas berpikir untuk melanjutkan karirnya sebagai pelatih sepakbola profesional. Bepe (sapaan Bambang Pamungkas) rencananya akan melatih tim mini soccer Indonesia pada kejuaraan dunia yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan asing bidang asuransi asal Hongkong, AIA.

Kejuaraan dunia ini rencananya akan diikuti oleh 8 tim dari 8 negara, yaitu Indonesia, Hongkong, Tiongkok, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Selandia Baru pada 11 Maret 2016 nanti.


Bambang Pamungkas saat berada di sebuah acara yang digagas oleh Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI)

“Saya akan ajarkan kepada para pemain bagaimana hidup sebagai pesepakbola profesional. Mulai dari pola makan, pola hidup, dan penerapan strategi bermain,” jelas Bambang Pamungkas.

“Saya akan melatih mereka dalam waktu singkat, saya tidak akan main-main melatih mereka karena membawa nama Indonesia di ajang internasional,” tambahnya.

Statusnya sebagai pelatih dalam kompetisi ini dinilai Bepe sebagai pijakan awal karir kepelatihannya di dunia sepakbola. Walau begitu, dia belum berpikir lebih jauh mengenai rencananya menjadi pelatih profesional.


Bambang Pamungkas saat berlatih bersama Persija Jakarta

“Bisa jadi sebagai pijakan saya jadi pelatih, tapi saya belum berpikir lebih jauh. Yang pasti saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membawa tim mini soccer Indonesia untuk menjadi juara,” imbuhnya.

“Saya akan didampingi sebuah tim kecil yang bertindak sebagai asisten saya,” sambung pemain yang identik dengan nomor 20.

Sebagai tambahan, sebelum bertolak ke Hongkong setiap negara harus menggelar pertandingan seleksi yang diikuti 18 klub. Pemenangnya nanti akan mewakili negaranya masing-masing untuk berlaga di Hongkong.

Khusus Indonesia, pertandingan seleksi sendiri rencananya akan dilaksanakan mulai 27-28 Februari 2016 di lapangan Simprug Pertamina, Jakarta Selatan. Tim yang berhasil menang untuk mewakili Indonesia di ajang dunia akan dilatih oleh Bambang Pamungkas. Jika masuk final nanti, tim Indonesia akan bertanding di Stadion White Hart Lane, London.

125