Pertandingan Klasik

Final Piala Dunia 1974: Evolusi Johan Cruyff dan Total Football

Sabtu, 26 Maret 2016 16:00 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sepakbola berduka. Johan Cruyff sudah meninggal dunia pada Kamis (26/03/16), setelah berjuang keras melawan penyakit kanker paru-paru yang sudah lama menggerogoti tubuhnya. Meninggal di usia ke-68 tahun, Cruyff kini menyisakan sejarah besar bagi dunia sepakbola.

Jejak Cruyff di dunia sepakbola sangat mudah diingat. Total Football, filosofi bermain ini pernah dipopulerkan Cruyff bersama tim nasional Belanda medio 1970-an. Cruyff muncul sebagai sosok sentral dalam filosofi total football yang kala itu menjadi sorotan publik dunia.


Aksi Johan Cruyff bersama timnas Belanda saat berhadapan dengan timnas Argentina di Piala Dunia.

Di pentas Piala Dunia 1974, Belanda sukses membuat Total Football tenar. Bahkan, tim besutan Rinus Michels berhasil melaju hingga ke partai final setelah mengalahkan tim-tim besar seperti Brasil dan Argentina.

Cruyff menjadi tonggak penting di pentas Piala Dunia 1974 tersebut. Tak hanya menjadi kapten timnas Belanda, Cruyff berhasil dianggap sebagai superstar pertama sepakbola Eropa dan juga menjadi sosok penting dalam mengantarkan Belanda ke partai puncak.


Johan Cruyff vs Franz Beckenbauer saat membela negara masing-masing di pentas Piala Dunia.
 

INDOSPORT mengulas cerita menarik Cruyff bersama timnas Belanda di partai final Piala Dunia 1974 di Jerman Barat. Meski takluk 2-1 atas tuan rumah Jerman Barat dan gagal juara dunia, Belanda tetap dianggap sebagai juara tanpa mahkota dengan Cruyff tampil mengesankan.

137