Liga Europa

Prediksi Shakhtar Donetsk vs Sporting Braga: Armada Kroty Menatap Semifinal

Kamis, 14 April 2016 13:21 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Meskipun harus terbuang dari kompetisi Liga Champions, Shakhtar Donetsk justru terbukti tampil perkasa di Liga Europa musim ini. Klub asal Ukraina tersebut tercatat menjadi klub yang belum pernah terkalahkan pada lima laga Liga Europa dengan torehan empat kemenangan dan satu kali hasil seri.

Pada leg pertama babak perempatfinal melawan Sporting Braga, mereka pun berhasil memetik kemenangan 1-2, padahal saat itu mereka bermain di markas Os Arsenalistas. Hal itu jelas menguntungkan mereka pada leg kedua ini, apalagi kini mereka bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Dari statistik head to head kedua tim, klub berjuluk Kroty tersebut memang jauh unggul dibandingkan Braga. Bayangkan saja, dari tiga pertemuan terakhir kedua tim, Shakhtar berhasil menyapu bersih semuanya dengan kemenangan.

Beralih ke kubu tamu, setelah kalah di kadang sendiri, jelas membuat mereka akan lebih kesulitan untuk menatap masa depan di kompetisi Liga Europa musim ini.

Pasalnya, untuk dapat lolos ke babak semifinal, minimal mereka harus meraih kemenangan dalam laga ini dengan selisih dua gol. Target itu jelas hasil yang mendekati kata mustahil mengingat Shakhtar merupakan tim yang memiliki pemain-pemain bertahan berkualitas.

Shakhtar Donetsk

Unggul di pertemuan pertama, ditambah bermain di kandang sendiri jelas membuat Shakhtar sebagai tuan rumah dapat bermain lebih santai dan tanpa beban. Hal itu tidak lepas dari kenyataan bahwa mereka akan tetap lolos ke semifinal sekalipun menelan kekalahan 0-1.

Meski begitu, mereka tentunya tidak ingin membuat malu pendukungnya yang telah datang menyaksikan laga secara langsung, sehingga kemenangan tetap menjadi target utama pasukan Mircea Lucescu.

Sayangnya, dalam laga kali ini bek tengah mereka, Yoraslav Rakitskiy tidak dapat bermain akibat akumulasi kartu. Posisinya sendiri akan digantikan oleh Ivan Ordets yang dikombinasikan dengan Olexandr Kucher dalam skema 4-2-3-1.

Sporting Braga

Disaat kubu tuan rumah tengah dalam performa terbaiknya, Braga justru dalam kondisi berkebalikan. Anak-anak asuh Paulo Fonseca tercatat belum pernah merasakan kemenangan di tiga laga terakhir. Hal ini membuat mereka dipastikan akan sangat sulit untuk dapat mencuri kemenangan dari Shakhtar.

Formasi 4-4-2 kemungkinan besar masih akan digunakan oleh pelatih Fonseca. Dua penyerang Braga, Ahmed Hassan dan Nikola Stojiljkovic pun kembali menjadi tumpuan di lini serang. Keduanya jelas banyak diharapkan untuk menciptakan keajaiban di laga penentuan ini.

Dalam laga ini, Fonseca masih tidak bisa membawa dua pemainnya, yakni Pedro Santos dan Rui Fonte. Keduanya dilaporkan masih dalam masa pemulihan cedera yang mereka derita di pertandingan sebelumnya.

Player To Watch

Facundo Ferreyra (Shakhtar Donetsk)

Semenjak Alex Teixeira pindah ke klub asal China, Jiangsu Suning, Ferreyra menjelma menjadi andalan Shakhtar dalam urusan mencetak gol. Musim ini sendiri penyerang asal Argentina tersebut sudah tampil sebanyak 17 kali dan selama itu ia telah mencetak enam gol dan satu assist.

Willy Boly (Sporting Braga)

Seperti diketahui, dalam laga kali ini, Shakhtar diprediksi akan tampil lebih mendominasi. Hal itu membuat para pemain bertahan Braga akan dituntut bermain lebih ekstra, salah satunya adalah Willy Boly.

Memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar, Boly jelas diharapkan dapat menghentikan setiap peluang yang coba dibuat oleh pemain tuan rumah.

Prediksi INDOSPORT: 50% - 20% - 30% (Shakhtar Donetsk Menang - Imbang - Sporting Braga Menang).

1