Legenda Olahraga

Soeratin Sosrosoegondo, Tokoh 'Bawah Tanah' Terbentuknya PSSI (Part I)

Kamis, 12 Mei 2016 19:00 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
© Internet
Soeratin Sosrosoegondo Copyright: © Internet
Soeratin Sosrosoegondo

Konflik berkepanjangan PSSI dengan pemerintah membuat sepakbola Indonesia mati. Kompetisi berhenti bergulir karena FIFA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena adanya intervensi pemerintah dalam sepakbola.

Pemerintah akhirnya resmi mencabut SK pembekuan PSSI yang dikeluarkan pada 17 April 2015, sepakbola Indonesia mengalami mati suri. Pencabutan pembekuan induk sepak bola terbesar Indonesia itu disambut baik berbagai kalangan sehingga diharapkan menjadi titik balik kebangkitan sepakbola Indonesia yang terpuruk.

PSSI sendiri merupakan salah satu induk organisasi tertua di Indonesia yang didirikan sebagai bagian dari pergerakan nasional Indonesia. Ir. Soeratin Sosrosoegondo, menadi tokoh di belakang berdirinya PSSI, lahir pada 17 Desember 1898 resmi menjadi pemimpn organisasi tersebut untuk periode 1930-1940.

Berdiri bahkan sebelum Indonesia lepas dari belenggu penjajah, PSSI dijadikan Soeratin sebagai kelompok orgaisasi untuk meyatukan para pesepakbola di tanah air.  Sosok Soeratin sendiri tak punya latar belakang sepakbola sama sekali mesipun ia berperan besar terhadap sejarah persepakbolaan Indonesia.

Berkecimpung sebagai tokoh berpendidikan pasca menyelesaikan sekolah tekniknya di Belanda, kehidupan Soeratin nyatanya tak terlalu banyak terbuka tabirnya di permukaan. Namun, ia menjadi salah satu tokoh pemuda yang secara konkret menjalankan mengimplementasikan isi sumpah muda dengan menirikan PSSI sebagai organisasi pergerakan.

Niat mulia dan jasa Soeratin itu menjadi dasar terbentuknya PSSI yang dalam beberapa dekade, bahkan hingga saat ini menjadi jantung penyelenggaraan sepakbola di Tanah Air. Bertepatan dengan bangkitnya kembali PSSI pasca pencabutan pembekuan, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh sosok Soeratin.

Berikut INDOSPORT menampilkan beberapa potongan fakta terkait sosok Soeratin Sosrosoegondo sebegai ketua PSSI pertama. Salah satu tokoh pemuda Indonesia yang membangun pergerakan melalui jalur olahraga, terutama sepakbola.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%