Final Copa del Rey

(CUPLIKAN GOL) Barcelona 2-0 Sevilla: Gelar Ganda Diraih Secara Dramatis!

Senin, 23 Mei 2016 05:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Babak Pertama

Saat kick off dimulai oleh wasit Carlos Del Cerro Grande, Barcelona yang merupakan juara bertahan dalam kompetisi ini langsung memberikan tekanan kepada lawannya tersebut.

Beberapa kali ancaman mereka tebarkan melalui Luis Suarez dan Lionel Messi yang mampu merusak lini pertahanan dari Sevilla.


Pergerakkan Lionel Messi (atas/Barcelona) harus dijaga ketat oleh bek Sevilla, Sergio Escudero.

Saat pertandingan memasuki setengah babak, barulah sang juara Liga Europa 2015/16 mulai menekan El Barca dan mampu mengancam melalui Kevin Gameiro.

Sayang, baik Sevilla maupun Barcelona sama-sama belum mampu mencetak gol melalui serangan yang mereka ciptakan.

Pada menit ke-36, Blaugrana harus bermain dengan 10 pemain setelah bek mereka, Javier Mascherano mendapat kartu merah usai melanggar Gameiro.


Salah satu upaya tendangan bebas dari penyerang Sevilla, Kevin Gameiro ke gawang Barcelona.

Unggul 10 pemain membuat Sevilla lebih leluasa bergerak, tapi bukan berarti Barca tak mampu meredam perlawanan mereka serta meluncurkan serangan balik.

Hingga turun minum, skor pun masih sama kuat 0-0

Babak Kedua

Unggul dalam jumlah pemain di babak kedua tak membuat Barcelona kehilangan kepercayaan diri, bahkan mereka di menit pertama babak kedua ini langsung menebarkan ancaman melalui Neymar.

Sevilla sendiri tak ingin dipermalukan, mereka juga terus menekan Barca melalui segala sisi lapangan untuk mendapatkan gol pertama pada pertandingan final ini.


Penyerang Sevilla, Kevin Gameiro (kiri) pergerakkannya harus ditekel oleh bek tengah Barcelona, Gerard Pique.

Namun, upaya klub berjuluk Los Palanganas ini masih tak membuahkan hasil. Pada pertengahan babak, Barca harus menarik keluar Suarez yang memiliki masalah pada pahanya, ia pun digantikan oleh gelandang serang, Rafinha Alcantara.


Penyerang Barcelona, Luis Suarez (tengah) menangis karena tak dapat melanjutkan pertandingan.

Hal ini membuat Blaugrana pun menggantungkan serangan mereka kepada Messi-Neymar, sementara lini pertahanan mereka masih harus bekerja keras untuk menggempur serangan dari Kevin Gameiro dan kawan-kawan.

Solidnya lini pertahanan Barcelona yang dibangun oleh Gerard Pique dan Jeremy Mathieu berhasil membuat lini serang Sevilla frustasi.

Menariknya, di menit akhir gelandang Sevilla, Ever Banega harus mendapat kartu merah setelah menekel keras, Neymar yang membuat pertandingan kembali sama berimbang 10 melawan 10.

Hingga pertandingan berakhir, mereka pun kembali bermain imbang 0-0 di waktu normal ini dan harus kembali bertarung di perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu

Menit pertama perpanjangan waktu 2x15menit ini, diambil alih oleh Sevilla yang secara terus-menerus menggencarkan serangan melalui Kevin Gameiro.

Barca yang mampu bersabar dalam menyerang sukses melakukan serangan balik dengan baik, gol yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang juga.

Memasuki menit ke-97, Lionel Messi memberikan umpan matang kepada bek sayap, Jordi Alba yang mampu ia lesakkan menjadi gol. Skor pun 1-0 untuk keunggulan Blaugrana.

Unggul 1 angka membuat Barcelona menjadi perkasa, kini mereka pun mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan memainkan bola-bola pendek sambil berusaha untuk mendapatkan gol kedua.

Skor 1-0 pun sementara menjadi hasil akhir di perpanjangan waktu yang pertama ini.

Pada perpanjangan waktu yang kedua, Barcelona mencoba untuk menurunkan tempo permainan mereka namun tetap mampu menguasai posisi bola.

Sedangkan Sevilla sesekali berhasil mencuri bola tersebut dan melakukan serangan balik untuk menyamakan kedudukan.

Seperti yang telah diduga, pertandingan ini pun berjalan dengan sengit di mana wasit Carlos Del Cerro Grande harus telah mengeluarkan 11 kartu kuning, termasuk 2 kartu merah.

Memasuki menit akhir, saat Barcelona di ambang juara, Los Palanganas masih tak menyerah untuk menyamakan kedudukan.

Namun usaha mereka tetap tak membuahkan hasil, justru pemain mereka lainnya, Daniel Carrico harus diusir wasit setelah ia mendapat kartu kuning kedua.

Hal ini pun membuat Barca mampu memperlebar keunggulan, setelah Neymar mampu menggandakannya di penghujung waktu memanfaatkan umpan yang diberikan kembali oleh Messi.

Gol ini sekaligus menjadi penutup pertandingan, karena hingga Carlos Del Cerro meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 tak berubah untuk keunggulan Barcelona.

Barcelona pun sukses meraih double winners dengan mengawinkan gelar Copa del Rey ini dengan gelar La Liga Spanyol

SUSUNAN PEMAIN:

Barcelona (4-3-3)

Ter Stegen; Alves, Alba (Roberto 119’), Mascherano, Pique; Rakitic (Mathieu 46’), Busquets, Iniesta (c); Suarez (Rafinha 57’), Neymar, Messi

Cadangan: Bravo, Vidal, Mathieu (Rakitic 46’), Rafinha (Suarez 57’), Roberto (Alba 119’), Turan, Munir

Pelatih: Luis Enrique

Sevilla (4-2-3-1)

Rico; Mariano (Konoplyanka 80’), Escudero, Carrico, Rami; Krychowiak, Iborra (Llorente 106’); Vitolo, Coke (c), Banega; Gameiro

Cadangan: Soria, Munoz, Cristofoto, Pareja, Konoplyanka (Mariano 80’), Llorente (Iborra 106’), Reyes

Pelatih: Unai Emery

422