Dua Tentara Akan Daftarkan Diri Jadi Calon Ketua Umum PSSI

Jumat, 26 Agustus 2016 19:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Pendaftaran calon ketua umum dan komite eksekutif Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah mulai bergeliat. Sejumlah nama calon pemimpin federasi sepakbola nasional mulai mendaftarkan diri, begitu pula dengan wakil dan komite eksekutif.

“Sejauh ini sudah ada yang mendaftar dan sudah ada yang mengusungkan, tapi informasinya belum lengkap dan dokumentasinya belum diverifikasi, jadi belum bisa kita rilis atau publikasi, sampai nanti setelah rapat dengan komisi pemilihan sekitar tanggal 5 sampai 9 September,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim.

Dari peserta yang akan mendaftar, ada dua nama calon ketua umum yang berasal dari bidang kemiliteran, yakni Letnan Jenderal Edy Rahmayadi yang juga Presiden Direktur PS TNI dan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn.) Dr. Moeldoko.

Sementara itu, untuk posisi wakil ketua umum ada nama Direktur PT Liga Indonesia, Joko Driyono dan Iwan Budianto. Untuk Komite Eksekutif sendiri sudah ada 23 nama yang mendaftar.

Pemilihan ketua umum sendiri akan berlangsung pada 17 Oktober mendatang. Proses pemilihan nantinya akan diawasi langsung oleh Ketua Komite Pemilihan Federasi Sepakbola Nasional (PSSI), Agum Gumelar yang dibentuk melalui hasil Kongres Luar Biasa (KLB) 3 Agustus lalu di Ancol.

Dalam melaksanakan tugasnya, Komisi Pemilihan bersifat independen dalam membentuk kepengurusan PSSI baru. Untuk memudahkan pelamar yang ingin mencalonkan diri, PSSI telah menyiapkan formulir pendaftaran yang bisa didapatkan melalui website resmi PSSI (Pssi.org).

Berikut daftar nama sementara yang dikabarkan akan mendaftar hingga hari ini :

Calon Ketua Umum: Edy Rahmayadi dan Dr. Moeldoko

Calon Wakil Ketua Umum: Joko Driyono dan Iwan Budianto

Calon Anggota Exco: Verry Mulyadi, Gusti Randa, Joko Driyono, Peter Tanuri, Yunus Nusi, Ferry Paulus, Yoyok Sukawi, Umuh Muchtar, Gede Widiade, David Sulaksmono, H. Chaidir, Johar Ling Eng, Dirk Soplanit, Marzuki, Gatot Haryo Tejo, Dr. Hidayat, Peter Kalakmabin, Herdiyat, Juni A Rachman, Mudai Madang, Refrizal, Papat yunsal, dan Dwi Iriyanto