Kawasan Miei, Tempat Embrio Talenta Hebat Tanah Papua di Lapangan Hijau

Sabtu, 8 Oktober 2016 14:42 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Tanah Papua dengan keindahan dan kekayaan alamnya tengah jadi bahan perbincangan usai aksi diplomat muda, Nara Masista Rakhmatia beri pernyataan keras kepada 6 pimpinan negara di sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) terkait kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua. 

Terlepas dari itu semua, tanah Papua tidak hanya memiliki keindahan dan kekayaan alam. Tanah Papua juga memiliki bakat-bakat hebat di sepakbola. Timnas Indonesia dari tahun ke tahun selalu diisi oleh anak-anak muda hebat Papua yang memiliki skill sepakbola di atas rata-rata. 

Nama-nama seperti Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, Ian Kabes, dan Titus Bonai jadi contohnya. Jauh ke belakang, tanah Papua bahkan sempat mengirim pemain bernama Daniel Hanasby untuk bermain di negeri Belanda (sejumlah sumber mengonfirmasi hal tersebut, salah satunya sepakbolanda.com). 

Jika di Maluku, kita mengenal kampung Tulehu sebagai kampung sepakbola orang Maluku, maka di Papua ada kawasan yang disebut-sebut sebagai pusat sepakbola modern masyarakat Papua. Kawasan itu bernama, kawasan Miei yang terletak di teluk Wondama. 

Sejumlah blog pribadi orang Papua mengisahkan bahwa kawasan Miei pada saat Jayapura masih bernama Hollandia merupakan kampung yang paling banyak menyumbang taleta berbakat di bidang sepakbola. 

Mengapa kawasan Miei bisa jadi cikal bakal lahirnya talenta berbakat bangsa Papua? Berikut ulasannya untuk pembaca setia INDOSPORT: 

525