Kongres PSSI

Persiapan Timnas Tidak Akan Terganggu, Hanya Takut Kena 'Suspend' Lagi

Senin, 17 Oktober 2016 23:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Kongres PSSI yang sejatinya digelar Senin (17/10/16) gagal berlangsung lantaran tidak tercapai kesepakatan lokasi kongres antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan PSSI.

Sebagai jalan tengah, PSSI dan Kemenpora kemudian menyurati FIFA, menjelaskan duduk permasalahan tersebut. Induk sepakbola dunia itu pun memutuskan bahwa kongres diundur hingga 10 November mendatang.


Timnas Indonesia sedang berlatih.

Mundurnya pelaksanaan kongres tersebut sempat dinilai calon Ketua Umum PSSI, Letjen Edy Rahmayadi akan mengganggu persiapan Tim Nasional Indonesia yang akan berjuang di Piala AFF 2016.

Alasannya adalah agenda kongres tersebut hanya seminggu sebelum tim Garuda bermain melawan juara bertahan Thailand pada 19 November. Akan tetapi, pengunduran Kongres PSSI tersebut diyakini tidak akan mengganggu persiapan Timnas Indonesia.


Surat penundaan menggelar Kongres PSSI di Makassar.

“Kongres ditunda itu sudah dapat surat dari FIFA jadi memang setujui untuk ditunda ke November, tetapi memang tidak lebih dari tanggal 10 November,” ujar Sekretaris Umum Yayasan Persija Muda, Budiman Dalimunthe.

“Kalau dari FIFA sudah ada instruksi dan PSSI juga sudah mengeluarkan surat tentu tidak ada pengaruhnya ke Timnas. Cuman kongresnya saja yang tertunda, yang dikhawatirkan itu kan kena suspend lagi. Tapi kalau tidak, ya tidak masalah,” lanjutnya.

22