Laga Italia vs Jerman Pakai Tekhnologi Baru FIFA

Selasa, 15 November 2016 04:07 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Italia akan menghadapi Jerman dalam laga persahabatan yang digelar di Guiseppe Meazza atau San Siro, Rabu (16/11/16) esok dini hari WIB. Laga tersebut akan menjadi uji kualitas tekhnologi FIFA untuk mengurangi kesalahan para pengadil lapangan dalam mengambil keputusan, Video Asisten Wasit (VAR).

Sebelumnya, VAR sudah diuji coba kala Italia bertemu Prancis di laga persahabatan pada September lalu. Kemudian, diuji dalam beberapa pertandingan liga yang berlangsung di Australia, Brasil, Jerman, Belanda, Portugal, dan Amerika Serikat.

Jika berhasil dalam uji coba kali ini, VAR kemungkinan besar akan digunakan pada ajang Piala Dunia 2018 Rusia. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Pengembangan Teknis Pertandingan FIFA, Marco van Basten.
 

Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Liechtenstein.

"Saya pikir uji coba kali ini akan berjalan sukses, seperti sebelumnya. Dengan VAR, kita dapat memiliki beberapa mata lagi sebagai asisten wasit. Mereka dapat membantu wasit untuk memantau pertandingan," kata Basten, dikutip dari Soccerway.

"Saya berharap VAR bisa digunakan nantinya untuk meningkatkan kejujuran di setiap pertandingan. Hasil dari VAR jelas menjunjung tinggi kejujuran," lanjut legenda AC Milan dan Tim Nasional Belanda tersebut.

376