Piala AFF 2016

Kalah dari Thailand, Singapura Fokus Hadapi Indonesia

Rabu, 23 November 2016 00:36 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Singapura harus puas menelan kekalahan 0-1 dari Thailand, dalam laga kedua Piala AFF 2016 di Stadion Olahraga Filipina, Selasa (22/11/16). Gol semata wayang kemenangan The War Elephants dicetak oleh Sarawut Masuk pada menit ke-89.

Hasil tersebut membuat Thailand memastikan diri melaju ke babak semifinal. Perolehan poin Thailand sudah tidak bisa dikejar para pesaingnya di Grup A. Thailand berada di posisi teratas klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin.

Sementara itu, Singapura harus bersaing dengan Filipina dan Indonesia untuk memperebutkan tiket semifinal tersisa. Singapura saat ini berada di posisi ketiga dengan raihan satu poin, atau kalah satu angka dari Filipina di tempat kedua.
 


Laga Singapura vs Thailand.

Gelandang bertahan Singapura, Hariss Harun mengatakan, kekalahan tersebut seharusnya tidak diraih Singapura. Sebab, permainan kedua tim berimbang sejak awal pertandingan. 

"Ini sangat mengecewakan, mengingat bahwa kami hanya kebobolan di menit-menit akhir. Tapi saya pikir kita bisa mengambil banyak manfaat dari kekalahan ini," ujar pemain berumur 26 tahun itu, dikutip dari Today Singapore.

Hariss mengungkapkan, peluang Singapura untuk lolos ke babak semifinal masih terbuka lebar. Untuk itu, ia mengimbau rekan-rekannya untuk fokus menghadapi Indonesia di pertandingan terakhir, Jumat (25/11/16).

"Thailand adalah tim terbaik di Asia Tenggara saat ini. Sekarang kita fokus untuk bisa mengalahkan Indonesia. Kami punya dua hari untuk mempersiapkan diri," kata Hariss.

Hal senada juga diungkapkan pelatih Singapura, Varadaraju Sundramoorthy. Menurutnya, kekalahan dari Thailand adalah faktor ketidakberuntungan. Ia ingin anak-anak asuhannya untuk fokus mengalahkan Indonesia. 

"Kami hampir mendapat satu poin. Tapi, kami lengah dan kalah. Tapi, itulah sepakbola. Kita perlu mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya melawan Indonesia, karena kita masih memiliki kesempatan untuk mencapai semifinal," kata V Sundramoorthy.
 


Pemain Thailand, Sarawut Masuk merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura.

Singapura bisa saja melaju ke babak semifinal jika mampu mengalahkan Indonesia, dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2016 di Rizal Memorial Stadium, Jumat (25/11/16). Dengan catatan, Filipina kalah dari Thailand.

Seaindanya, Singapura imbang melawan Indonesia dan Filipina takluk dengan margin tiga gol dari Thailand, maka Singapura yang berpeluang lolos ke babak semifinal karena unggul produktivitas gol dari Skuat Garuda.