Legenda Olahraga

Gendut Doni, Striker 'Liar' yang Menjadi Pahlawan Skuat Garuda

Kamis, 24 November 2016 19:21 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Gendut lahir di Salatiga, 7 Desember 1978. PSIS Semarang menjadi tempat Gendut Doni menghabiskan masa juniornya. Sebagai seorang penyerang, Gendut punya banyak kelebihan. Gaya bermainnya yang cukup liar dan penempatannya yang baik, membuat dirinya dipantau oleh pemandu bakat klub-klub besar Indonesia.

Menimba ilmu di Mahesa Jenar (julukan PSIS), Gendut akhirnya memberanikan diri merantau ke Jakarta. Bergabung bersama Persijatim Jakarta Timur pada tahun 2000, daya serangnya makin menjadi-jadi. Bersama Michael Pao dan Rochy Putiray, Gendut menjadi pemain yang sangat diandalkan Laskar Betawi (julukan Persijatim). 

Dengan kelebihan dan naluri gol yang tinggi, Gendut Doni dipanggil ke Timnas Indonesia oleh pelatih Nandar Iskandar. Dirinya mulai bersanding dengan pemain top Indonesia saat itu, seperti Yaris Riyadi, Aji Santoso, Bima Sakti, hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Sukses di Persijatim dan Timnas Indonesia, Gendut menyebrang ke Persija Jakarta. Kepergiannya membuat perseteruan Persijatim dan Persija semakin meruncing. Gendut yang menyatakan ingin bergabung ke Persija, tak mendapat restu dari Persijatim. Akhirnya, Gendut pun bisa melenggang bebas ke Stadion Menteng dan bergabung dengan Macan Kemayoran.

Di Persija, Gendut merasakan gelar juara yang diraihnya pada tahun 2001. Tak hanya itu, Gendut juga sukses menjadi pemain utama di Timnas Indonesia bersama dengan Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono. 

Namanya harum di Piala Tiger (nama lain dari Piala AFF). Kiprahnya bersama Indonesia, menjadikan Gendut penyerang top di kawasan Asia Tenggara. Tipe permainan seperti Filippo Inzaghi namun lebih liar, membuat Gendut tak terbendung di Piala Tiger 2000 dan 2001.

Kiprah Gendut Doni di Timnas memang tergolong singkat. Pemain yang kini menjadi pegawai negeri di Tangerang Selatan itu memperkuat Timnas dari tahun 2000 hingga 2004. Meski demikian, Gendut Doni banyak menciptakan momen yang tak terlupakan bagi penikmat sepakbola Indonesia. Gendut pahlawan Indonesia di Asia Tenggara.

INDOSPORT merangkum dan bercerita ringan momen Gendut Doni di Timnas. Mulai dari penentu kemenangan hingga pencetak gol terbanyak di Asia Tenggara dalam ajang Piala AFF.

1.6K