Liga Indonesia

Aji Santoso Diproyeksi Jadi Cikal Bakal Sir Alex Ferguson di Klub Indonesia

Senin, 26 Desember 2016 14:18 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Istimewa
Pelatih anyar Arema FC, Aji Santoso. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Istimewa
Pelatih anyar Arema FC, Aji Santoso.

Salah satu semangat perubahan sistem perekrutan pelatih terlihat dari keputusan Arema FC menjatuhkan pilihan kepada pelatih lokal Aji Santoso. Manajemen Arema FC berkeyakinan penunjukan Aji bisa menjadi langkah maju mendobrak pola pembangunan prestasi instan yang belakangan merasuki klub-klub profesional Tanah Air.

Manajemen Arema mengaku telah menyiapkan sistem kontrak jangka panjang dengan bercermin pada keberhasilan sosok Sir Alex Ferguson membangun dominasi Manchester United di ajang kompetisi Liga Primer Inggris selama lebih dari satu dekade.


Keberhasilan Sir Alex Ferguson di Man United menjadi cermin Arema FC membangun kekuatan sepakbola dari sisi kepelatihan.

"Kami ingin menjadikan Aji Santoso seperti Alex Ferguson di MU, ini dilakukan agar program tim dan DNA juara tertanam di pemain dan pelatih," kata General Manajer Arema FC, Ruddy Widodo seperti dikutip Wearemania.net.

Sistem kontrak jangka panjang disadari manajemen Arema FC bukannya tanpa risiko. Oleh karena itu, mereka menyiapkan sebuah sistem kontrak jangka panjang dengan sebuah mekanisme evaluasi terukur yang akan dilaksanakan setiap musimnya.

"Saya rasa di Indonesia ini memang belum ada klub yang berani mengontrak pelatih dengan jangka panjang dengan segenap risiko yang ada," tandas manajer asal Madiun itu.


Aji Santoso (tengah) diproyeksi bisa meniru keberhasilan Sir Alex Ferguson dalam membangun kejayaan Arema FC. 

Keberhasilan Man United dalam mempertahankan dominasi kejayaan di kompetisi Liga Primer Inggris selama lebih dari satu dekade memang tidak lepas dari sentuhan tangan dingin pelatih legendaris Sir Alex Ferguson. Pelatih asal Skotlandia itu berhasil membangun dominasi tersebut mulai dari tahun 1986 hingga 2013.

Namun demikian, faktanya Sir Alex Ferguson juga tidak sekonyong-konyong bisa langsung membawa Man United ke puncak kejayaan. Fergie butuh waktu dan proses selama beberapa tahun untuk menancapkan dominasi prestasi Man United di kancah sepakbola Inggris sejak pertama kali direkrut pada tahun 1986.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%