Liga Super China

Soal Gaji, Tevez Termahal, Rooney Dirumorkan Menyusul, Messi 'Termiskin'

Sabtu, 28 Januari 2017 11:13 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Galih Prasetyo
© Getty Images
Carlos Tevez tiba di Bandara Internasional Shanghai Pudong pada Kamis pagi dan disambut oleh ribuan penggemar. Copyright: © Getty Images
Carlos Tevez tiba di Bandara Internasional Shanghai Pudong pada Kamis pagi dan disambut oleh ribuan penggemar.

Proses transfer pemain yang dilakukan oleh klub di Liga Super China seakan menembus limitasi dan tradisi di sepakbola dunia. Para klub besar di liga ini juga tidak segan menebus pemain bintang dengan harga selangit dari klubnya masing-masing.

Selain itu, iming-iming gaji besar yang diberikan oleh klub-klub di Liga Super China juga menjadi salah satu 'magnet' yang kuat untuk menggoda pemain bintang tersebut. Imbasnya, daftar pemain dengan gaji termahal pun secara fluktuatif terus berubah.

Para pemain bintang tersebut saat ini bahkan seakan berlomba-lomba untuk mengisi posisi puncak daftar gaji termahal dunia yang tentu membuat beberapa nama tenar macam Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Paul Pogba mulai terpinggirkan dari daftar pemain dengan bayaran termahal di dunia.

Dilansir dari The Sun, Carlos Tevez yang baru hijrah ke Liga Super China masih memegang posisi puncak dengan bayaran mencapai 615 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 10,1 miliar per pekannya. Torehan ini tentu langsung menggusur posisi Cristiano Ronaldo yang sebelumnya di peringkat pertama sebagai pemain dengan gaji termahal. 


Tevez yang hijrah ke Liga Super China beberapa waktu lalu

Ronaldo yang mendapat bayaran sebesar 424,6 ribu poundsetrling atau sekira Rp 7,1 miliar per pekan dari Real Madrid sejatinya memiliki nasib yang lebih baik karena masih mempertahankan posisi dua besar. Namun, beda halnya dengan pesaing Ronaldo yakni Lionel Messi.

Mega bintang milik Barcelona ini harus puas mengisi posisi buncit dari daftar lima pemain dengan gaji termahal di bumi. Messi yang mengantongi bayaran sebesar 362,5 ribu poundsterling atau sekira Rp 6 miliar per pekannya ini harus puas di pecundangi oleh nama-nama seperti Oscar dan Ezequiell Lavezzi yang menduduki peringkat ketiga dan keempat.

Tidak sampai disitu, jika tidak juga menandatangani kontrak baru bersama Barcelona, Leo bisa saja tergusur dari posisi lima besar daftar pemain dengan gaji termahal di dunia. Kemungkinan tersebut makin diperkuat dari rumor terkait kepindahan Wayne Rooney ke China.


Rooney yang tengah digosipkan merapat ke Liga Super China

Pasalnya, pemain yang telah mencetak 250 gol bagi Manchester United ini telah diiming-imingi gaji yang jumlahnya mencapai 1 juta poundsterling per pekannya. Angka ini setara dengan Rp 17 miliar yang tentunya akan menjadikan si 'anak nakal' sebagai pemain dengan bayaran terbesar dan menggeser Tevez.

Liga Super China juga membahayakan eksistensi liga-liga elit eropa. Dengan kekuatan finansial yang besar, kedepannya bukan tidak mungkin hal tersebut dijadikan senjata untuk merekrut talenta muda berbakat dari negara-negara seperti Brazil dan Argentina, sementara liga top eropa akan mulai kehilangan kemilaunya.  

1.5K