Hari Radio Sedunia, Kala Skuat Meriam London Jadi yang Pertama Terdengar di Udara

Senin, 13 Februari 2017 11:10 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© ArsenalOneTwoFive
Laga Arsenal vs Sheffield United di Stadion Highbury yang mengudara di radio BBC. Copyright: © ArsenalOneTwoFive
Laga Arsenal vs Sheffield United di Stadion Highbury yang mengudara di radio BBC.

Tiap tahunnya Hari Radio Sedunia diperingati pada 13 Februari yang jatuh pada hari Senin ini. Radio ditemukan oleh seorang pria kelahiran Bologna, Italia bernama Guglielmo Marconi. Marconi yang seorang insinyur listrik berupaya mengubah ide soal gelombang suara yang bisa dijangkau melebihi telegram, alat komunikasi paling modern di masa itu.

Idenya di tahun itu berhasil, setahun kemudian temuannya tersebut dibawa ke London, Inggris untuk mendapatkan hak paten. Pada 1900, temuannya mampu mengirimkan berita tanpa lewat kawat menyebrang selat Inggris.

Penemuan Marconi kekinian disebut radio. Temuan radio dari Marconi baru benar-benar sempurna pada 1915, jika sebelumnya berita dikirimkan lewat sistem kode, maka di tahun itu berubah menjadi suara.

Berkat Marconi juga live report pertandingan olahraga berhasil pertama kali direkam pada 1923 versi Kanada. Siaran pertama di 1923 itu ialah siaran radio pertandingan hoki es yang berlangsung pada 08 Februari 1923 antara Midland versi North Toronto.

Selain pertandingan hoki es di Kanada, fakta sejarah juga menyebut bahwa pada 1911 masyarakat di kota Lawrence, Kansas, Amerika Serikat berbondong-bondong untuk memperdengarkan pertandingan sepakbola antar Kansas versus Missouri lewat radio generasi pertama atau yang lazim disebut kawat telegraph.


Pamlet Arsenal kontra Sheffield United pada 1927 yang mengudara lewat radio BBC.

Jika laga hoki es di Kanada jadi siaran olahraga pertama yang mengudara, maka dari lapangan hijau lebih tepatnya dari tanah Inggris, klub asal London, Arsenal jadi tim pertama dari Liga Inggris yang mengudara. 

Dilansir dari arsenal.com, laga Arsenal kontra Sheffield United menjadi laga sepakbola Liga Inggris pertama yang terdengar lewat radio BBC pada 22 Januari 1927 . BBC yang sebelumnya sukses menyiarkan laga rugby coba meraih hal yang sama di laga yang berlangsung di Stadion Highbury itu. 

Komentator sepakbola, George Allison mendapat kehormatan untuk menjadi penyiar di laga bersejarah tersebut. Ia didampingin oleh manajer legendaris Arsenal, Herbert Chapman. Khusus untuk Allison, pada laga final Piala FA musim ini, ia juga didaulat menjadi komentator kala Arsenal kalahkan Cardiff City dengan skor 1-0 di Stadion Wembley. 

Laga Arsenal versus Sheffield United merupakan lanjutan Liga Inggris di musim itu. BBC saat itu memang sangat bernafsu agar laga ini mengudara. Pasalnya BBC mendapat data yang menyebut bahwa di tahun tersebut, hampir 30 persen orang Inggris telah memiliki radio. 

Laga itu sendiri berakhir dengan skor sama kuat, 1-1. Gol Arsenal diciptakan oleh penyerang merkea, Charlie Buchan. Sedangkan gol dari Sheffield United tidak tercatat dalam literatur sejarah. 

10 tahun setelah Arsenal mengudara, tim yang kini dilatih Arsene Wenger tersebut juga jadi tim pertama yang pertandingannya di siarkan televisi. Di tahun tersebut, seperti dilansir dari spartacus-educational.com, BBC menyiarkan 100 pertandingan Liga Inggris lewat siaran radio. 

Sekedar informasi, setelah sukses melaporkan pertandingan Arsenal lewat udara, sejumlah orang Inggris berbondong-bondong untuk bisa memiliki radio. Jika di tahun 1931 hanya ada 30 persen orang Inggris yang memiliki radio maka di 1937, kepemilikan radio melonjak menjadi 39 persen. 

639