Piala Presiden 2017

Hadapi PSM, Coach Timo Yakin Persiba Lolos Perempatfinal

Jumat, 17 Februari 2017 09:06 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Ramadhan
© Ginanjar/Indosport
Timo Scheunemann. Copyright: © Ginanjar/Indosport
Timo Scheunemann.

“Hati saya mantap kita mau lolos,” ujar pelatih Kelahiran Kediri, Jawa Timur itu singkat.

Meskipun mantan pelatih Tim Nasional Putri itu mengakui, tidak mudah bagi Beruang Madu untuk bisa meraih kemenangan. Karena PSM Makassar dipastikan akan turun dengan skuat utama dengan mengandalkan pemain-pemain bintang.

 “Saya rasa PSM tidak mau kalah tiga kali, jadi mereka akan bermain lebih maksimal dari sebelumnya. Oleh karna itu saya memprediksi mereka akan bermain dengan tim utama,” ujarnya.

Kendati begitu, Coach Timo tidak gentar dan tetap optimistis bisa lolos ke perempatfinal. Karena dengan lolos ke babak selanjutnya, maka masih ada kesempatan bagi pemain Persiba untuk melatih mental dan menambah jam terbang, sebelum tampil di Liga 1.

Pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann di sesi konferensi pers Piala Presiden 2017. 

“Karena paling tidak akan ada satu pertandingan lagi, kalau kita sampai lolos, berarti kita ada satu kesempatan lagi untuk berlatih mental. Karna itu adalah obat yang lagi dibutuhkan tim saya. Tim saya itu butuh jam terbang,” ujarnya.

Coach Timo bahkan berharap, anak asuhnya bisa lolos bukan hanya sampai pada perempat final, karena itu kan menjadi modal untuk menguji mental dan menambah jam terbang pemainnya.

“Kalau sampai kita lolos sejauh mungkin di Piala Presiden itu saya justru bersyukur karna kita latihan mentalnya akan lebih banyak porsanya dari pada kalau kita sekarang tidak lolos. Jadi saya berharap lolos,” ujarnya.

Hanya saja, dalam laga nanti, Coach Timo tidak bisa menurunkan mantan striker PON Kaltim, Rofanda yang mengalami cedera. Begitu pun mesin gol asal Brasil, Marlon Da Silva yang kondisinya tidak fit, usai mengalami cedera.

“Jadi kita akan rotasi pemain, karena memang ada pemain yang cedera. Marlon juga kondisinya belum 100 persen jadi mungkin dia tidak akan main sepanjang 90 menit,” ujarnya.

Para pemain Persiba Balikpapan menjalani sesi latihan.

Kendati begitu, mantan striker Persiba tahun 1997 itu tak khawatir, karena sudah ada pemain yang siap diturunkan, yakni bek kanan Timnas U-19. Namun, Coach Timo semringah, karena bek kiri Timnas Senior Indonesia, Abdul rahman juga sudah bisa tampil kembali.

“Jadi Ibrahim Sanjaya bek kanan Timnas U-19 akan bermain gantikan Iqbal (Samad) di babak pertama. Itu kesempatan dia juga, karena di tonton pelatih Timnas. Jadi bek sayap dua-duanya ganti,” ujarnya.

“Dan yang pasti lawan PSM kita mengandalkan kerja keras