Liga 1

Resmi, Liga 1 Indonesia Batal Kick Off pada Akhir Maret

Selasa, 21 Februari 2017 17:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Kabar Liga 1 yang sebelumnya akan bergulir pada 26 Maret mendatang akhirnya kembali mengalami pengunduran. Hal tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi.

Ia menyatakan bahwa keputusan untuk menunda kick off Liga 1 adalah agar klub peserta bisa mempersiapkan timnya dengan baik termasuk menyusun kekuatan dengan mendatangkan pemain pilihan terbaik.

“Liga 1 memang saya ingin mundur, kita beri waktu untuk klub agar bisa menyusun kekuatan. Mungkin minggu kedua April baru kick off. Saya ingin kualitas bukan kuantitas,” ujar Edy Rahmayadi saat ditemui di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang, Selasa (21/02/17) pagi tadi.

Selain Liga 1 yang dinyatakan mundur, kompetisi di bawahnya seperti Liga 2 dan 3 juga akan mengalami hal yang sama. Hal itu dijelaskan oleh Wakil Ketum Umum PSSI, Joko Driyono. Ia menyatakan bahwa hal itu terjadi lantaran ada berbagai pertimbangan dari PSSI.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

“Tentu dengan mundurnya kick off Liga 1 maka dapat dipastikan bahwa Liga 2 dan 3 juga mengalami pengunduran. Liga 2 idealnya seminggu usai kick off Liga 1, jadi tidak terlalu jauh rentang waktunya,” jelas pria yang akrab disapa Jokdri itu. 

“Kalau kick off Liga 1 mungkin pertengahan April seperti yang sudah dijelaskan pak ketum,” tandasnya.

Selain Liga 1, 2, dan 3 yang mundur, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menjelaskan bahwa penyelenggara kompetisi sepakbola di Indonesia atau operator adalah PT Liga Indonesia Baru.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Namun hingga kini, ia belum menentukan siapa yang akan menjadi direktur, meski sudah ada 3 kandidat yang terpilih.

“Liga indonesia baru ada 3 orang kandidat dan masih dalam rapat pembahasan. Saya tidak bisa bilang namannya tetapi ada 1 orang yang berasal dari luar negeri. Kalau buat sepakbola kita lebih baik kenapa tidak? Nanti minggu depan baru akan kita umumkan soal operator liga,” tutup Edy Rahmayadi.

526