On This Day: Debut Manis Penyerang Muda Setan Merah, Marcus Rashford

Sabtu, 25 Februari 2017 16:31 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Tepat hari ini setahun yang lalu, Manchester United bermain di kompetisi kedua Eropa, yaitu Liga Europa, menghadapi FC Midtjylland dalam babak 32 besar leg kedua.

Pada pertandingan tersebut, anak asuh Van Gaal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 5-1 di hadapan pendukungnya sendiri.

Namun, bukan kemenangan besar Setan Merah atas wakil Denmark yang menjadi perhatian utama pada malam itu, melainkan debut pemain mudanya yang bernama Marcus Rashford.

Pasalnya, pemain kelahiran kota Manchester itu melakukan debut manis di umurnya yang masih belia, yaitu 18 tahun 3 bulan 25 hari.

Rashford juga sepertinya harus berterima kasih kepada Anthony Martial, yang tiba-tiba mengalami cedera sesaat sebelum dimulainya pertandingan.

Bintang muda Manchester United, Marcus Rashford.

Oleh karenanya, Van Gaal langsung menurunkan Rashford untuk menggantikan Martial sejak menit awal pertandingan.

Hal tersebut sekaligus membuat Rashford menjalani debut pertamanya di skuat inti Setan Merah. Uniknya, debut tersebut ia jalani di kancah Eropa.

Namun, yang menjadi daya tarik tersendiri publik Old Trafford adalah saat dirinya mencetak gol debutnya di menit 63, sekaligus gol kedua untuk Manchester United. Menerima umpan datar dari Juan Mata, Rashford langsung mencetak gol melalui kaki kanannya ke gawang Mikkel Andersen.

Tidak berhenti sampi situ saja, Rashford kembali mencetak gol kedua dirinya, sekaligus ketiga untuk Manchester United di menit 75.

Menerima umpan lambung dari Varela, Rashford dengan mudahnya mencetak gol dengan kaki kanannya ke gawang Andersen.

Berkat pertandingan tersebut, Rashford menjadi andalan utama Van Gaal di lini depan Manchester United. Termasuk saat mengalahkan Arsenal 3-2 di Old Trafford, 3 hari berselang dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris. Rashford memiliki peran penting dengan mencetak 2 gol dan 1 assist kala itu.

Kini, Rashford yang telah menginjak usia 19 tahun telah memainkan 34 laga dengan 7 gol dan 3 assists selama kepemimpinan Jose Mourinho. 

849