Jajaran Pelatih Terapkan Sistem yang Mirip Primavera di Timnas U-22

Jumat, 3 Maret 2017 20:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia, Luis Milla tengah melakukan persiapan untuk membentuk Skuat Garuda Muda. Untuk menciptakan tim yang tangguh, Timnas U-22 memiliki sistem yang mirip digunakan tim Primavera era 1990-an awal.

Timnas U-22 memberlakukan rotasi pemain dalam penempatan kamar di hotel. Hal ini dilakukan untuk melahirkan chemistry seluruh pemain. 

Primavera merupakan program pembinaan pemain junior yang dilakukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Dalam sejarahnya, ada dua gelombang Timnas Indonesia Primavera, yaitu Primavera I (1993/1994) dan Primavera II (1994/1995).

Ketika itu, talenta berbakat Tanah Air menempa ilmu di Italia. Nama-nama seperti Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Yeyen Tumena adalah pemain yang menjalani program tersebut.

"Penempatan kamar kita atur, dan semua pemain kita ubah (rotasi), agar mereka juga komunikasi dengan yang lain, tidak hanya satu orang," kata asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti. 

"Saya pikir itu akan bagus, jadi saat di luar lapangan mereka saling tahu sudah mengerti, seperti era Primavera, waktu saya dan Kurniawan. Ketika dia (Kurniawan) akan bergerak ke mana, saya sudah tahu (saat bermain bersama)," lanjutnya.

Suasana seleksi Timnas Indonesia U-22.

Sebelum rotasi dimulai, jajaran pelatih Timnas U-22 memberikan satu kamar untuk dihuni dua pemain. Kedua pemain harus saling berhubungan dalam penempatan posisi, misalnya bek sayap harus sekamar dengan gelandang sayap kanan.

"Kita juga menempatkan dua pemain dalam satu kamar. Teman sekamar itu biasanya yang poisisinya berdekatan, misalnya bek sayap kanan dengan gelandang sayap kanan, karena mereka saling berhubungan agar bisa komunikasi terus," kata Bima Sakti.

Seleksi Timnas U-22 telah berlangsung selama enam hari dalam dua tahap, yakni 21-23 Februari dan 28 Februari hingga 2 Maret kemarin di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang. Dalam dua kesempatan terebut pelatih Luis Milla telah memanggil 36 nama yang kemudian menjalani pemusatan latihan dan menginap bersama di Hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang.

Timnas U-22 sendiri masih akan melakukan seleksi tahap ketiga pada 7-9 Maret nanti, sebelum melakukan pemusatan latihan jangka panjang di Spanyol Mei mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%