Piala Nusantara 2017

Bantai Papua, Bangka Belitung Terbaik di Turnamen Sepakbola Putri

Rabu, 15 Maret 2017 06:12 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Hendra Mujiraharja
© Ghozi el Fitra/Indosport
Tim Bangka Belitung merayakan kemenangan setelah menjuarai Piala Nusantara 2017. Copyright: © Ghozi el Fitra/Indosport
Tim Bangka Belitung merayakan kemenangan setelah menjuarai Piala Nusantara 2017.

Tim sepakbola putri Bangka Belitung berhasil menjadi juara Piala Putri Nusantara 2017 setelah mengalahkan tim putri Papua di partai final. Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Selasa (14/03/17) siang WIB, tim Bangka Belitung berhasil unggul dengan skor 4-1.

Empat gol Bangka Belitung, di mana tiga di antaranya diciptakan oleh Vivi Oktavia pada babak pertama  dan satu gol diciptakan oleh Sheva Imut pada awal babak kedua. Sedangkan satu-satunya gol tim Papua diciptakan oleh Serly Wanimbo.

Tim putri Bangka Belitung cukup mendominasi pertandingan dalam partai final. Hal itu terlihat dari serangan demi Serangan yang terus dilakukan oleh anak asuh Hodri itu, yang dilakukan sejak menit awal pertandingan dimulai. Serangan yang dilancarkan itu langsung membuat lini belakang pertahanan Papua kocar-kacir hingga akhirnya 3 gol tercipta melalui kaki Vivi Oktavia.

Ketua panitia penyelenggara Esti Puji Lestari.

Menjelang turun minum tepatnya di menit ke-39, Papua berhasil memperkecil ketinggalan melalui kaki Sherly Wanimbo. Namun hal tersebut kembali dibalas oleh tim Bangka Belitung di awal babak kedua melalui kaki Sheva Imut. Kedudukan itu bertahan  hingga wasit meniup peluit panjang tanda selesainya pertandingan.

Dengan menjadi juara turnamen tersebut, Bangka Belitung berhak mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp35 juta. Sedangkan Papua harus puas berada di urutan kedua.

Ketua panitia penyelenggara Esti Puji Lestari berharap agar turnamen kali ini bisa menjadi tonggak sejarah persepakbolaan wanita di Indonesia.

Ia berharap dari turnamen ini nantinya akan ada kompetisi atau turnamen lanjutan yang khusus diperuntukkan tim sepakbola wanita.

Sehingga nantinya akan muncul bibit-bibit pemain muda yang akan yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah persepakbolaan wanita dunia.