Liga 1 Indonesia

Gara-gara Stadion, PSM Makassar Terancam Gagal Berkiprah di Level Asia

Minggu, 19 Maret 2017 06:51 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Basri/Indosport
Stadion Andi Mattalatta masih akan menjadi kandang PSM Makassar di Liga 1. Copyright: © Basri/Indosport
Stadion Andi Mattalatta masih akan menjadi kandang PSM Makassar di Liga 1.

Berdasarkan pertemuan PSSI dengan perwakilan federasi sepak bola Asia, AFC, di Jakarta beberapa waktu, PSM Makassar dinyatakan belum lolos lisensi klub. Salah satu ihwalnya antara lain lantaran kondisi stadion yang belum memenuhi standar AFC.

Sejauh ini, PSM Makassar selalu bertumpu pada Stadion Andi Mattalatta, Makassar, yang telah tergerus usia. Stadion ini sendiri sempat menjadi pusat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-4 pada tahun 1957.

Saat verifikasi Stadion, manajemen PSM selalu ketar-ketir berharap stadion kebanggan kota Makassar ini masih lolos. Namun jika saja pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, Tim Juku Eja menjadi juara, sudah dipastikan tidak dapat memliki jatah bermain di Piala Champions  Asia karena terkendala stadion. 

Salah satu sudut Stadion Andi Mattalatta yang akan menjadi markas PSM Makassar.

Chief Eksekutif Officer (CEO) PT. PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengaku jika saat ini hanya bisa memakai fasilitas yang ada yakni Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Olehnya itu, pembenahan diakui sementara dilakukan demi tidak berpindah markas pada  Liga 1 mendatang. 

"Kita sementara gunakan fasilitas yang ada, Stadion Andi Mattalatta. Mau bagaimana lagi, hanya ini stadion representatif di Makassar. Untuk sementara kita sudah kerja lapangan, kamar ganti, (tribun) VIP, tinggal lampu stadion kita akan benahi," kata, Munafri pada awak INDOSPORT.

Kondisi terakhir Stadion Internasional Barombong, Makassar, yang pengerjaaannya baru mencapai 45 persen.

Munafri kini menaruh harapan pada pemerintah Provinsi Sulawesi selatan agar mepercepat pengerjaan Stadion Internasional  Barombong yang terletak di sebelah barat Kota Makassar. Stadion ini diharapkan bisa dioperasikan pada tahun depan.


"Saya sebenarnya berharap Pemprov sulsel dapat merampungkan Stadion International Barombong tahun depan (2018). Kalau stadion itu selesai, saya yakin akan banyak pertandingan international bisa dilaksanakan di Makassar khususnya PSM," jelasnya. 

Sementara hasil pengamatan INDOSPORT, Stadion Internasional Barombong, Makassar saat ini baru rampung sekitar 45 persen. Hanya tribun bagian timur dan utara yang sampai saat ini baru selesai dirampungkan.

 

1.2K