Liga Primer Inggris

Terancam Gagal di Musim Perdananya, Ini Pembelaan Guardiola

Minggu, 19 Maret 2017 08:36 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Jean Catuffe/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Copyright: © Jean Catuffe/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Pep Guardiola saat ini terancam gagal di musim pertamanya bersama Manchester City. Mantan pelatih Barcelona itu baru saja terdepak dari Liga Champions musim 2016/17 ini oleh AS Monaco setelah kalah gol tandang dalam pertandingan yang berakhir dengan agregat 6-6.

Hasil tersebut menjadi sebuah catatan buruk tersendiri bagi pelatih asal Spanyol itu, karena untuk pertama kalinya, Guardiola tak mampu membawa tim asuhannya lolos dari babak 16 besar Liga Champions.

Di liga domestik sendiri, Manchester City tak memperlihatkan kemajuan berarti di tabel klasemen. Pep Guardiola hanya bisa berharap pada Piala FA sebagai satu-satunya trofi yang akan didapatkannya pada musim 2016/17 ini. Saat ini The Citizens telah melangkah ke babak semifinal Piala FA dan akan menantang Arsenal pada bulan April mendatang.

Pep Guardiola gagal membawa Manchester City lolos dari babak 16 besar Liga Champions.

Terkait ancaman gagalnya di musim perdana Pep Guardiola di Inggris, pelatih berusia 46 tahun itu memiliki pembelaan. Menurutnya, semenjak dirinya ditunjuk sebagai pelatih, ia tak pernah menjanjikan trofi di musim pertamanya.

"Saya tak pernah datang ke sini dan berkata kami akan menjuarai sebuah trofi, atau double, ataupun treble. Saya tak pernah berkata demikian. Saya hanya menjanjikan banyak pekerjaan dan melakukannya sesuai dengan keinginan saya," ungkap Guardiola, dikutip dari Sportsmole.

Pep Guardiola memiliki pembelaan sendiri atas pekerjaannya bersama Manchester City.

"Tentu saja kami menginginkan gelar juara, kami bermain untuk mendapatkan hal tersebut. Saya di sini dengan ekspektasi yang sangat besar melihat dari apa yang telah saya menangkan di Barcelona dan Bayern Munchen. Namun terkadang ada masa di mana anda tidak menang," tambah pelatih berkepala plontos itu.

Menurut Guardiola, beberapa kekalahan dan kegagalan yang ia raih saat ini akan dievaluasi dan ia juga akan berbicara dengan rekan-rekan terdekatnya. Ia yakin Manchester City akan jauh lebih baik di musim depan.

"Saya akan mencoba untuk belajar dari kekalahan dan berbicara dengan orang-orang terdekat saya untuk membentuk tim yang lebih baik di musim depan. Saya yakin kami akan jauh lebih baik di musim yang baru," pungkasnya.