Liga 1

Tes Fisik Pemain, Semen Padang Gunakan Teknologi Canggih seperti Klub-klub Eropa

Kamis, 23 Maret 2017 03:42 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Semen Padang terus melakukan persiapan, jelang mengarungi kompetisi resmi Liga 1 yang bakal bergulir pada 15 April 2017 mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukan tim Kabau Sirah adalah menggelar latihan fisik.

Tes fisik tersebut dilakukan Hengki Ardiles dkk. di pinggir Pantai Muaro Lasak, Padang. Para pemain melakukan tes fisik dengan melahap latihan beban, kelenturan, kecepatan, dan kekuatan. 

"Pada minggu pertama ini akan difokuskan kepada latihan fisik, menilai sejauh mana ketahanan tubuh mereka dalam mengatasi kelelahan. Selain itu, pantai dipilih karena dapat memberikan suasana yang nyaman, dan juga bisa mendongkrak stamina pemain," kata pelatih Semen Padang, Nilmaizar.

Semen Padang saat menghadapi Persib Bandung di Piala Presiden 2017 lalu.

Uniknya, Semen Padang menggunakan sebuah teknologi canggih dalam melakukan tes fisik para pemainnya. Kondisi fisik para pemain tim Kabau Sirah  diukur dengan menggunakan rompi hitam sebagai alat monitor detak jantung, melalui sensor dan pergerakan pemain lewat GPS yang tertanam. Hal itu sudah sering digunakan para klub-klub Eropa.

"Untuk sementara alat tersebut dipakai oleh 11 pemain secara acak, akan dipakai secara bergantian bagi pemain yang lainnya pada latihan selanjutnya. Alat ini sangat diperlukan dalam sesi latihan fisik seperti ini," kata Nil.

“Selama seminggu ini pemain difokuskan kepada latihan fisik, setelahnya baru lakukan latihan teknik dan taktik," ujarnya.

Tak hanya latihan fisik dan lain-lain, Semen Padang juga akan mengadakan laga uji coba. Namun, tim Kabau Sirah belum menentukan lawannya di laga uji coba nanti.

"Kami akan menjalankan dua kali laga uji coba bersama tim luar maupun dalam daerah," tutup Nil.

8