Bola Internasional

Terkenal, 3 Sponsor Ini 'Menghilang' bersama Klub Besarnya

Sabtu, 8 Juni 2019 13:24 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© UEFA
Sponsor Liga Champions. Copyright: © UEFA
Sponsor Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Sebuah klub olahraga, terutama sepak bola, pastinya memiliki sponsor untuk memberikan bantuan dana kepada mereka. Begitu juga sebaliknya, sponsor juga membutuhkan sebuah klub guna memasarkan produk mereka kepada para pendukung klub tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Deloitte melaporkan, terdapat 20 klub teratas di dunia yang menunjukkan bahwa 43 persen pendapatan yang mereka raih setiap tahunnya berasal dari nilai kontrak mereka bersama sponsor-sponsor yang bersangkutan. Hal ini jelas membuat sponsor menjadi bagian utama dalam keseimbangan dana dalam sebuah klub.

© BBC
Caption Copyright: BBCContoh sponsor perusahaan terkenal asal Jepang, Rakuten, yang menjalin kerja sama dengan Barcelona pada Desember 2016 lalu.

Besarnya nama sponsor serta klub yang bersangkutan biasanya berpengaruh akan nilai nominal keuangan yang disepakati. Contohnya seperti perusahaan besar sekaliber Adidas dan Nike, yang berhasil menggandeng Real Madrid dan Barcelona. Keduanya pun terkenal di kalangan pencinta sepakbola.

Namun ternyata, terdapat pula beberapa sponsor terkenal di telinga masyarakat namun 'menghilang' ketika berhasil menjalin kerja sama dengan klub besar Eropa. Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa perusahaan terkenal tersebut, namun 'hilang' ketika menjalin kerja sama dengan klub besar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
60%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%