Kala Aguero dan Higuain Harus Tunduk kepada Boaz Solossa

Selasa, 23 Mei 2017 08:03 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Gonzalo Higuain (kiri) dan Sergio Aguero (kanan) harus mengakui keunggulan Boaz Solossa dalam rataan gol. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Gonzalo Higuain (kiri) dan Sergio Aguero (kanan) harus mengakui keunggulan Boaz Solossa dalam rataan gol.

Liga-liga top Eropa telah berakhir pada akhir pekan kemarin. Sejumlah klub papan atas telah memastikan diri menjadi jawara di liga masing-masing pada musim ini.

Chelsea keluar sebagai juara Liga Primer Inggris, Juventus menjadi jagoan di Serie A Italia, Real Madrid memastikan diri keluar sebagai yang paling hebat di La Liga Spanyol, Bayern Munchen jadi juara Bundesliga Jerman, dan AS Monaco merengkuh gelar juara Ligue 1 Prancis.

Tak hanya itu, beberapa pemain sukses merebut penghargaan individu. Namun, ada beberapa gladiator lapangan hijau yang harus kalah dalam persaingan memperebutkan gelar individu, termasuk top skor di liga masing-masing.

© Grafis:Yanto/Indosport/dari berbagai sumber
Real Madrid Juara La Liga Copyright: Grafis:Yanto/Indosport/dari berbagai sumberReal Madrid juara La Liga Spanyol musim ini.

Striker Manchester City, Sergio Aguero harus mengakui keunggulan pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane yang sukses merebut gelar top skor Liga Primer Inggris. Aguero hanya mencetak 20 gol dari 31 laga, atau selisih sembilan gol dari Harry Kane dengan catatan penampilan sebanyak 30 laga.

Lalu ada striker Juventus, Gonzalo Higuain yang nampaknya harus rela menyerahkan gelar top skor kepada bomber AS Roma, Edin Dzeko, meskipun masih menyisakan satu laga lagi.

© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Selebrasi Sergio Aguero usai cetak gol ke gawang Middlesbroug. Copyright: Mike Egerton/PA Images via Getty ImagesSelebrasi Sergio Aguero usai cetak gol ke gawang Middlesbroug.

Dzeko kemungkinan sudah tak terkejar dari para pesaingnya untuk merebut gelar top skor Serie A Italia, dengan perolehan sementara 28 gol dari 36 laga. Higuain berada di posisi keempat dengan 24 gol dari 37 laga. Ia berselisih tiga gol dari pemain Napoli, Dries Mertens yang berada di posisi kedua.

Menariknya, Aguero dan Higuain juga harus mengakui striker asal klub Indonesia. Sosok tersebut adalah kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa.

Aguero dan Higuain kalah rataan gol dari Boaz. Kedua pemain tersebut benar-benar harus tunduk kepada kapten Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF 2016 lalu.

© Giuseppe Bellini/Getty Images
Gonzalo Higuain tampak kecewa kepada wasit. Copyright: Giuseppe Bellini/Getty ImagesGonzalo Higuain tampak kecewa kepada wasit.

Dilansir dari Soccerway, Aguero hanya memiliki rataan gol 0,64 per laga di Liga Primer Inggris. Sementara itu, Higuain hanya mempunyai rataan gol 0,64 per laga di Serie A Italia.

Sedangkan Boaz memiliki rataan gol 0,66 per laga di Gojek Traveloka Liga 1. Hasil itu diperoleh dari catatan empat gol dari 6 laga pemain yang akrab disapa Bochi tersebut.

© Internet
Boas Solossa saat berseragam Persipura Jayapura. Copyright: InternetBoaz Solossa saat memperkuat Persipura Jayapura.

Perolehan Boaz masih bisa bertambah lagi seiring Liga 1 yang masih menyisakan 27 pekan ke depan. Bahkan, pemain berumur 31 tahun itu bukan tidak mungkin bisa mengalahkan megabintang Madrid, Cristiano Ronaldo dengan rataan gol 0,86 (25 gol dari 29 laga) di La Liga Spanyol musim ini.

Lalu Boaz juga berpeluang mengejar rataan gol marquee player Madura United FC, Peter Odemwingie dengan nilai 0,71 (5 gol dari 7 laga).

4.4K