3 Faktor Bakal Buat Indonesia Bungkam Puerto Rico

Selasa, 13 Juni 2017 15:44 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© PSSI
Timnas Indonesia. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menjamu Puerto Rico di laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Maguwoharjo. Laga yang digelar Selasa (13/06/17) menjadi laga kedua anak asuh Luis Milla bulan Mei ini setelah sebelumnya berhasil menumbangkan Kamboja dengan skor 2-0.

Menghadapi lawan yang secara peringkat lebih baik ketimbang Indonesia, laga melawan Puerto Rico seharusnya bisa menjadi pengalaman bagus bagi Irfan Bachdim cs. Apalagi pertandingan nanti merupakan pertemuan pertama kedua kesebelasan.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
Timnas Puerto Rico uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo. Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiTimnas Puerto Rico uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo.

Baca juga:

Keuntungan lainnya adalah tipikal permainan Puerto Rico yang 'asing' bagi Indonesia. Maklum, Timnas Merah Putih biasanya menghadapi lawan-lawan yang berasal dari Timur Tengah dan Asia Timur. Maka dari itu, pengalaman menghadapi kesebelasan asal Kepulauan Karibia akan sangat berguna di kemudian hari.

Di sisi lain, tidak banyak yang bisa diketahui dari negara persemakmuran Amerika Serikat tersebut. Orang-orang mungkin akan menyebut nama Ricky Martin, Jennifer Lopez, Benicio Del Toro atau Denise Quinones (mantan Miss Universe) ketika mendengar Puerto Rico.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
Timnas Indonesia uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiTimnas Indonesia uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo.

Di dunia si kulit bundar, prestasi Puerto Rico juga terbilang minim. Pada rentan waktu 1995 hingga 2007 pun mereka sempat terlempar ke posisi 202 ranking FIFA karena tak sekali pun pernah memenangi pertandingan.

Kendati demikian, Puerto Rico tetap berpeluang mengejutkan Indonesia di Maguwoharjo International Stadium (MIS) malam nanti. Terlebih mereka sudah beradaptasi dengan baik dengan iklim tropis Nusantara dengan melakukan laga uji tanding melawan Protaba Bantul dan menang telak 7-0.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
Timnas Indonesia uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiTimnas Indonesia uji coba lapangan Stadion Maguwoharjo.

Indonesia tentu saja juga memiliki peluang sama besarnya meski terpaut 30-an di ranking FIFA. Kali ini INDOSPORT merangkumnya dalam tiga faktor yang bisa membuat Skuat Merah Putih membungkam Puerto Rico.

320