4 Kemungkinan Transformasi Bintang Liga Primer Inggris di Musim 2017/18

Sabtu, 17 Juni 2017 06:44 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT/Kieran Galvin/NurPhoto via Getty Images
Bintang Belgia, Eden Hazard. Copyright: © INDOSPORT/Kieran Galvin/NurPhoto via Getty Images
Bintang Belgia, Eden Hazard.

Bagi pencinta sepakbola sejati, tentunya sudah tidak asing lagi jika melihat beberapa pesepakbola ada yang mengubah posisi aslinya ke posisi baru.

Ambil contoh dari dua pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir, yakni pemain megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dan pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Baca Juga:

Baik Messi ataupun Ronaldo sebenarnya mengawali kariernya sebagai gelandang serang atau pemain sayap. Namun, karena naluri menyerangnya yang luar biasa membuat keduanya pun dipercaya oleh pelatihnya masing-masing untuk bermain lebih ke depan dengan menjadi striker.

© Getty Images
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Copyright: Getty ImagesLionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

Selain Ronaldo dan Messi ada juga pemain bintang Madrid lainnya, Gareth Bale. Tentunya tidak sedikit yang mengetahui, jika pemain asal Wales ini mengawali kariernya sebagai bek kiri.

Memiliki naluri menyerang yang tajam, ia pun mulai dipercaya untuk tampil sebagai pemain sayap saat dirinya masih berada di Tottenham Hotspur. Satu tahun terakhir di Tottenham hingga saat ini membela El Real, Bale kini telah menjadi seorang striker yang disegani lawan.

© Oscar Gonzalez/NurPhoto via Getty Images
Gareth Bale ketika bertanding melawan Atletico Madrid bulan November 2016 silam. Copyright: Oscar Gonzalez/NurPhoto via Getty ImagesGareth Bale, pemain bintang Real Madrid.

Ada juga rekan setim Messi di Barcelona, yakni Javier Mascherano. Pemain asal Argentina ini sejatinya merupakan gelandang tengah yang dapat berperan sebagai playmaker dan gelandang bertahan.

Namun, karena dalam beberapa tahun terakhir, Barca sedang krisis bek tengah, Mascherano dipercaya untuk mengisi posisi tersebut dan ia pun sukses menjalankannya dengan baik.

© INDOSPORT
Javier Mascherano pada laga saat melawan Paris Saint-Germain. Copyright: INDOSPORTJavier Mascherano, penggawa Barcelona.

Nama lain yang juga dapat bertranformasi posisi adalah mantan pemain Chelsea, Michael Essien yang kini membela Persib Bandung.

Ia juga dikenal sebagai sosok gelandang bertahan yang tangguh, namun dengan alasan yang sama Essien pernah menjadi bek tengah, bahkan juga pernah menjadi bek kanan ketika Chelsea sedang kehilangan sejumlah bek kanannya akibat cedera.

Ronaldo, Bale, Messi, Mascherano, dan Essien merupakan sedikit contoh dari sekian banyak pemain dunia yang bertranformasi posisi dalam kariernya.

Memasuki musim 2017/18 mendatang, INDOSPORT akan membeberkan sebanyak empat pemain yang berpeluang besar untuk mendapatkan posisi baru atau menukar posisi mereka dari yang semestinya.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini kami memaparkannya:

230