Meski Sudah Pensiun, Lahm Sabet Penghargaan di Jerman

Senin, 24 Juli 2017 07:29 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Twitter @FCBayernEN
Philipp Lahm saat membawa Bayern Munchen juarai Bundesliga Jerman. Copyright: © Twitter @FCBayernEN
Philipp Lahm saat membawa Bayern Munchen juarai Bundesliga Jerman.

Philipp Lahm sudah menyatakan pensiun dari dunia sepakbola sejak dua bulan yang lalu. Kendati demikian, mantan kapten Bayern Munchen tersebut masih mampu menyabet sebuah penghargaan di Jerman.

Lahm merupakan salah satu sosok yang berperan dalam membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga Jerman pada musim lalu.

Jadi, tidak mengherankan jika para wartawan olahraga menunjuk Lahm sebagai pemain yang pantas mendapatkan penghargaan Footballer of the Year.

Hebatnya, Lahm mampu mengalahkan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Jerman, Toni Kroos. Sedangkan top skor Bundesliga, Pierre-Emerick Aubameyang di posisi ketiga.

Baca Juga

  • Munchen 1-1 (2-3) Arsenal: The Gunners Menang Adu Penalti

  • Munchen 0-4 Milan: Eksperimen Moncer Rossoneri

"Ini merupakan sebuah kebanggaan dan saya sangat senang mendapatkan penghargaan ini. Saya rasa wartawan yang memilih saya telah menyaksikan permainan sepanjang karier saya,” kata Lahm, sebagaimana diberitakan Goal.

“Sejarah memperlihatkan sangat sulit bagi seorang pemain belakang untuk mendapatkan penghargaan ini. Sebab, biasanya para penyerang yang mendapatkan penghargaan tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, kejutan terjadi ketika Julian Nagelsmann ditunjuk sebagai Manager of the Year. Pelatih berusia 30 tahun itu dianggap sukses membawa Hoffenheim untuk pertama kalinya menembus babak kualifikasi Liga Champions musim depan.

555