Liga 1 Indonesia

Ini Wasit Asing yang Bakal Bertugas di Liga 1 Indonesia

Jumat, 4 Agustus 2017 14:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© ESPNFC
Shaun Evans akan ikut mengawal laga Liga 1. Copyright: © ESPNFC
Shaun Evans akan ikut mengawal laga Liga 1.

Sejumlah wasit asing yang diundang PSSI dikabarkan akan memimpin dua pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 mulai akhir pekan ini. Untuk gelombang pertama ini, wasit asal Kyrgyztan dan Australia yang akan terlebih dahulu bertugas.  

Salah satu wasit tengah asal Australia, Shaun Robert Evans mengatakan siap membantu meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia. Wasit langganan A-League ini berjanji akan berupaya menampilkan standar terbaik dalam memimpin pertandingan seperti yang tertera di Laws of the Game.

© PSSI
Para wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1. Copyright: PSSIPara wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1.

"Saya datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepakbola Indonesia, kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia, dan kami siap untuk memimpin di akhir pekan ini," ucap pria yang dipanggil Shaun seperti dilansir dari lama PSSI.

Shaun Robert yang pernah memimpin pertandingan West Sydney vs Arsenal pada Juli 2017 lalu itu akan ditemani dua rekannya yakni Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis yang akan menjadi hakim garis. Kehadiran mereka diharapkan bisa membantu peningkatan kualitas pertandingan dan kompetisi secara keseluruhan.

© Australia Football League
Shaun Evans termasuk salah satu wasit yang cukup tegas di Australia. Copyright: Australia Football LeagueShaun Evans termasuk salah satu wasit yang cukup tegas di Australia.

Selain dari Australia, PSSI juga mendatangkan perangkat pertandingan asal Kyrgyztan, yakni Rysbek Shekerbekov sebagai wasit tengah, Artem Skopintsev, dan Eldiiar Salybaev sebagai hakim garis. 

Keenam wasit asing tersebut dikabarkan akan memimpin dua laga Liga 1 yakni PSM Makassar vs Mitra Kukar dan Persib Bandung vs PS TNI. Akan tetapi hingga saat ini baik PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum membocorkan wasit mana saja yang akan memimpin dua laga tersebut.

Berikut data singkat para wasit asing tersebut.

1. Shaun Robert Evans (Wasit)
FIFA Referee sejak 2016
A-League Referee sejak 2012
Wasit Final Chinese FA Cup
Wasit West Sydney vs Arsenal

2. George Lakrindis (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
A-League Assistant Referee sejak 2010
Pertandingan Internasional Pertama : Bosnia vs Denmark (Kirin Cup)

3. Wilson Brown (Asisten Wasit)
A-League Assistant sejak 2015
Semi Final FFA Cup Assistant Referee 

4. Shekerbekov Rysbek (Wasit)
FIFA Referee  sejak 2012 
Kyrgyztan TOP league  sejak 2010
Wasit pertandingan international sejak 2014

5. Skopintsev Artem (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2009
Kyrgyzstan TOP league  sejak 2003
AFC Cup Assistant Referee sejak 2012

6. Salybaev Eldiiar (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
Kyrgzstan TOP league  sejak 2010 
Assistant Referee pertandingan international sejak 2017

1.6K