Liga 1

3 'Borok' Milomir Seslija, Calon Pelatih Persib Bandung

Kamis, 10 Agustus 2017 14:22 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Persiba Balikpapan, Milomir Seslija. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Persiba Balikpapan, Milomir Seslija.

Milomir Seslija saat ini tengah jadi perbincangan panas lantaran membuat ulah setelah menyatakan mundur sebagai pelatih Persiba Balikpapan. Langkah pengunduran diri Milo, sapaan akrabnya, terkesan sangat kontroversial, lantaran dilakukan secara mendadak.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Milo memang sudah mengajukan permohonan pengunduran diri secara lisan, namun belum dalam bentuk surat resmi. Terkait pengunduran diri Milo, Sekretaris Umum Persiba, Irvan Taufik, memang membenarkan kabar tersebut.

Pengunduran diri Milo memang agak aneh, terlebih ia baru saja diangkat sebagai pelatih Persiba pada yang tampil di kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 pada awal Mei 2017 kemarin. Saat itu, pelatih berusia 53 tahun ini dipercaya untuk menggantikan Timo Scheunemann dan membawa Persiba yang terpuruk di posisi juru kunci untuk kembali bangkit.

© Indosport/Ginanjar
Skuat Persiba Balikpapan saat menjalani konferensi pers jelang laga melawan Persib. Copyright: Indosport/GinanjarSkuat Persiba Balikpapan saat menjalani konferensi pers jelang laga melawan Persib.

Gelagat tak mengenakkan Milo mulai terkuak saat ia tertangkap kamera tengah berada di Bandara Internasional Sulaiman Sepinggan, Rabu (09/08/17). Pelatih asal Yugoslavia itu diduga hendak kabur diam-diam meninggalkan Balikpapan untuk bergabung dengan Persib Bandung, klub yang belakangan santer bakal meminangnya.

Sehari sebelum kabur, Milo juga tak hadir dalam sesi latihan Persiba pada Rabu (09/08/17) di Stadion Parikesit, Kota Balikpapan. Padahal, hari ini, Kamis (10/08/17), Persiba sendiri akan terbang ke Jakarta untuk menghadapi Persija Jakarta pada Sabtu (12/08/17). Bagaimana bisa sebuah klub tak didampingi pelatihnya?

Pihak Persiba sendiri sangat menyayangkan tingkah tak pantas Milo yang memegang lisensi kepelatihan A UEFA tersebut dan menolak pengunduran diri Milo tanpa alasan yang jelas. Tim Beruang Madu kabarnya berang dan berniat untuk membawa kasus Milo ke jalur hukum serta melaporkannya ke PSSI.

Pasalnya, Milo sendiri saat ini masih terikat kontrak dengan Persiba hingga Liga 1 berakhir. Apalagi selama ini manajemen Persiba sudah memenuhi segala keinginan Milo, termasuk soal pemenuhan kebutuhan individu, termasuk fasilitas rumah dan mobil.

© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Pelatih Persiba, Milomir Seslija saat memimpin sesi latihan para pemainnya jelang hadapi Sriwijaya FC. Copyright: Teddy Rumengan/INDOSPORTPelatih Persiba, Milomir Seslija saat memimpin sesi latihan para pemainnya jelang hadapi Sriwijaya FC.

Tak hanya itu saja, Milo juga sudah terlanjur melakukan perombakan besar di skuat utama Persiba yang disetujui pihak Tim Beruang Madu, dengan mendatangkan pemain-pemain seperti Srdjan Lopicic dan Sunarto, hingga Maldini Pali untuk mendongkrak performa Persiba.

“Semua hal-hal yang terkait dengan kontrak baik itu fasilitas rumah dan mobil itu semua dipenuhi oleh Persiba Balikpapan. Artrinya dari sisi kontrak tidak ada masalah,” ujarnya.

INDOSPORT menelusuri lagi perjalanan Milo selama berkarier di dunia kepelatihan terutama di Indonesia. Beberapa rekam jejak Milo sebagai pelatih memang tak mulus karena ia lebih banyak berseteru dengan pihak klub, pemain, hingga suporter.

735