SEA Games 2017

Luis Milla Sudah Kantongi Nama Alternatif Andai Bagas Adi Absen

Jumat, 11 Agustus 2017 14:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Indosport/Petrus Manus Da'Yerrimon
Luis Milla saat memantau TC lanjutan Timnas U-22 jelang SEA Games 2017. Copyright: © Indosport/Petrus Manus Da'Yerrimon
Luis Milla saat memantau TC lanjutan Timnas U-22 jelang SEA Games 2017.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla menjelaskan sudah menyiapkan pemain lain andai bek tengah, Bagas Adi tidak bisa dibawa ke SEA Games 2017. Meski demikian, pelatih asal Spanyol itu masih akan menunggu kondisi pemain Arema FC itu hingga saat terakhir.

"Sekarang Bagas Adi kami tunggu sampai menit terakhir di list pemain. Bagi saya dan tim pelatih, Bagas pemain penting jadi kami tunggu," ujar Luis Milla.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Luis Milla berdiskusi dengan 4 pemain Tinnas U-22 untuk meminta saran. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTLuis Milla berdiskusi dengan 4 pemain Tinnas U-22 untuk meminta saran.

Akan tetapi, Luis Milla juga menjelaskan kalau ia sudah mempersiapkan pemain pengganti andai Bagas Adi memang tidak memungkinkan untuk dibawa. Selain itu, beberapa pemain seperti Evan Dimas, Kartika Ajie, Ravi Murdianto, dan Osvaldo Haay yang mengalami cedera ringan diyakini akan segera sembuh.

"Tetapi jika tidak memungkinkan Bagas untuk bisa bermain, maka opsi lain sudah kami siapkan, karena pemain lain sudah siap membantu dan ini sangat penting di SEA Games," tutur Luis Milla. 

"Kami ada sedikit masalah di tim setelah beberapa pemain cedera seperti Evan, Osvaldo dan lainnya, tapi itu bukan masalah yang harus dikhawatirkan karena saya yakin mereka akan sembuh," tutup mantan pemain Real Madrid tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Luis Milla pelatih Timnas U-22 dan Senior. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLuis Milla pelatih Timnas U-22 dan Senior.

Sebagai informasi, cedera yang dialami Bagas Adi didapat saat membela Timnas U-22 kala bermain lawan Thailand di kualifikasi Piala Asia U-23 Juli lalu. Ia kemudian mengalami masalah dengan lutut kirinya dan sampai saat ini masih mengalami erapi pemulihan. Sempat terlihat menjalani latihan ringan bersama Timnas U-22, namun kondisi pemain Arema FC itu belum sebenuhnya pulih dan meragukan untuk dibawa ke SEA Games.

Untuk mengatasi kemungkinan absennya Bagas Adi, tim pelatih Timnas U-22 pun sudah menyiapkan pemain lain untuk mengisi posisi Bagas Adi. Pemain pengganti yang dimaksud kemungkinan adalah Ricky Fajrin. 

Pasalnya tim pelatih Timnas U-22 memilih untuk mencoba menempatkan pemain Bali United itu di posisi bek tengah saat menjalani latihan pada, Selasa (08/08/17) di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang. Asisten pelatih Bima Sakti menjelaskan hal itu sebagai salah satu opsi agar membiasakan pemain jika ada situasi dan kondisi yang mengharuskan mereka mengubah taktik dan strategi.

"Memang setelah Bagas Adi cedera, kita cari alternatif untuk posisi stopper dan Ricky bisa di dua posisi, di center back dan kiri. Jadi kita manfaatkan dia untuk mengisi dua posisi itu," tutur Bima Sakti

© Instagram
Caption Copyright: InstagramRicky Fajrin.

Selain Ricky Fajrin, kini di Timnas U-22 masih ada sejumlah nama di posisi bek tengah yakni Ryuji Utomo, Andy Setyo hingga Putu Gede yang juga bisa dioperasikan di posisi stoper, begitu pula Hanif Sjahbandi yang sempat menjalani peran serupa di Arema FC dalam beberapa laga Liga 1.