SEA Games 2017

3 Pemain yang Bisa Jadi Pembeda Timnas U-22 vs Thailand

Minggu, 13 Agustus 2017 19:08 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© HERRY IBRAHIM/INDOSPORT
Pemain asal Persib Bandung, Febri Hariyadi (tengah) pada seleksi tahap ketiga Timnas U-22. Copyright: © HERRY IBRAHIM/INDOSPORT
Pemain asal Persib Bandung, Febri Hariyadi (tengah) pada seleksi tahap ketiga Timnas U-22.

Perhelatan SEA Games 2017 Malaysia telah di depan mata. Semua perhatian masyarakat sepakbola Indonesia tertuju pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Thailand di di Stadion Shah Alam, Selasa, (15/08/17) sore WIB. Biasanya, pertandingan pertama bakal menentukan arah sebuah tim ke depannya. Pilihannya hanya dua: mudah atau sulit.

Selain Thailand, Indonesia tergabung di Grup B cabang olahraga (cabor) sepakbola. Garuda Muda, julukan Timnas U-22, akan bersaing dengan Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Misi sulit diusung armada Luis Mila Aspas. Apalagi, Thailand telah menunggu di laga perdana.

Anak asuh Worrawoot Srimaka dikenal canggih menggunakan formasi menyerang 4-3-3 atau kadang berubah menjadi 4-2-3-1. Gelandang sayap kiri, Chaiyawat Buran menjadi pemain yang harus diwaspadai. Dirinya dikenal memiliki skill yang aduhai serta dribble ciamik.

Berkekuatan 21 pemain, Milla berharap besar anak asuhannya berjuang ekstra maksimal. Apalagi, persiapan yang dilakukannya tidak main-main. Tidak terhitung sudah berapa kali Timnas U-22 menggelar pemusatan latihan. Walaupun, jumlahnya tidak sebanding dengan laga uji coba yang dilangsungkan.

Milla kehilangan kapten utamanya jelang pengumuman skuat akhir. Bagas Adi Nugroho terpaksa dicoret karena tak kunjung sembuh dari cedera. Tiga pemain lainnya, Ravi Murdianto, Gian Zola, dan Miftahul Hamdi juga terdepak.

Melawan Thailand, Timnas U-22 harus bermain sabar. Mereka dapat mengandalkan sentuhan-sentuhan pendek agar tidak sering kehilangan bola. 

Timnas U-22 menumpuk delapan gelandang pada formasi 4-3-3 kesukaan Milla. Empat berposisi sebagai pemain sentral, serta sisanya merupakan gelandang sayap.

Untuk itu, Milla membutuhkan pemain dengan visi yang baik serta ngotot untuk menghentikan serangan lawan. Demi memperlancar misi utama di awal: pertandingan pertama mempengaruhi langkah ke depannya.

INDOSPORT mencoba merangkum tiga pemain yang bisa jadi pembeda pada laga melawan Thailand. Berikut sajiannya kepada pembaca setia:

3.1K