SEA Games 2017

3 Pemain Timnas U-22 Ini Buat Mantan Pelatihnya Bangga

Rabu, 23 Agustus 2017 16:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Pelatih 757 Kepri Jaya FC, Jaino Matos mengaku senang melihat ada tiga mantan anak asuhnya yang kini menjadi andalan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Ia merasa tiga anak muda yang pernah dibinanya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik hingga bisa berada di level yang ada saat ini.

Tiga pemain yang dimaksud adalah Kartika Ajie, Hanif Sjahbandi, dan Asnawi Mangkualam. Mereka mulai merasakan karier profesional di lapangan hijau ketika dimainkan Jaino Matos saat masih menangani Persiba Balikpapan pada 2016 lalu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hanif Sjahbandi (kanan) berebut bola dengan rekannya dalam internal game Timnas U-22. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTHanif Sjahbandi (kanan) berebut bola dengan rekannya dalam internal game Timnas U-22.

Meski usia ketiganya masih sangat muda, Jaino mengambil langkah berani dengan memainkan Hanif, Asnawi, maupun Kartika di tim utama Beruang Madu, berdampingan dengan asisten pelatih Timnas U-22 saat ini, Bima Sakti. Hasilnya, ketiga pemain itu pun terus berkembang sehingga membuat Jaino Matos tersenyum puas.

"Betul, mereka pertama kali main profesional sama saya kemarin di Persiba. Saya merasa ada ikatan batin yang kuat antara saya sama anak muda, dan saya bersyukur kalau saya bisa jadi bagian dari perjalanan mereka hingga saat ini dan juga jadi inspirator untuk mereka terus berkembang," tutur Jaino Matos saat dihubungi INDOSPORT.

Selama bermain di Persiba pada tahun lalu, baik Kartika Ajie, Asnawi maupun Hanif secara bergantian mengisi line up bersama rekannya yang lebih senior. Bahkan Asnawi menjadi pencetak gol termuda di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 pada usia 17 tahun kala Persiba menang 2-1 atas Bali United pada pekan ke-22.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jaino Matos pelatih asal Brasil. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTJaino Matos, pelatih asal Brasil.

Di Timnas U-22, Kartika Ajie selalu menjadi pilihan pertama pelatih Luis Milla untuk menjaga gawang Garuda Muda pada ajang SEA Games 2017. Sedangkan Asnawi dan Hanif kerap bergantian masuk di babak kedua.

Khusus Asnawi, selain bermain di level Timnas U-22, ia juga nantinya akan dipanggil ke Timnas U-19 mengingat usianya yang masih sangat muda. Pemain milik PSM Makassar itu akan bergabung dengan skuat Garuda Nusantara, asuhan Indra Sjafri bersama satu pemain lainnya yakni Saddil Ramdani.

3.2K