SEA Games 2017

Tembus Semifinal, Ini Rating Timnas U-22 Lawan Kamboja

Jumat, 25 Agustus 2017 12:34 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Permainan ngotot dan pantang menyerah diperlihatkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 kala mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0, Kamis (24/08/17) di Stadion Shah Alam, Malaysia. Namun, kemenangan tersebut cukup tercoreng dengan beberapa kali penggawa Garuda Muda, julukan Timnas U-22, terpancing provokasi tim lawan.

Manisnya, dua gol kemenangan Timnas U-22 dicetak oleh dua pemain pengganti. Ezra Walian membuka keran gol Garuda Muda pada menit ke-55. Disusul di menit ke-69 via tendangan geledek dari luar kotak penalti oleh Febri Hariyadi.

Dengan hasil itu, armada Luis Milla Aspas dipastikan melangkah ke babak semifinal SEA Games 2017 Malaysia dengan status runner up Grup B di bawah Thailand. Pada klasemen akhir fase penyisihan, Garuda Muda berhasil mendulang 11 poin dari lima pertandingan. Berselisih dua angka dari pemuncak klasemen, Thailand dan satu poin dari peringkat ketiga, Vietnam.

Kamboja tidak bermain buruk pada laga itu. Mereka menerapkan permainan taktis dari kaki ke kaki. Namun, semangat juang para penggawa Merah Putih yang ingin melaju ke babak selanjutnya membuat mereka gugup.

Akan tetapi, Garuda Muda juga kurang tenang dalam memanfaatkan peluang. Mereka baru bisa mencetak gol di babak kedua. Itu juga terjadi setelah Kamboja bermain dengan 10 orang akibat seorang penggawanya diusir keluar oleh wasit.

Milla memainkan pola 4-2-3-1 dengan menurunkan tujuh penggawa yang berbeda ketimbang pada partai sebelumnya melawan Vietnam. Marinus Wanewar ditunjuk sebagai juru gedor menggantikan Ezra Walian.

Di sektor sayap, Milla melakukan perubahan dengan memasang Osvaldo Haay dan Saddil Ramdani mengisi pos Febri Hariyadi dan Yabes Roni. Pada lini tengah, Evan Dimas Darmono sudah bisa bermain setelah akumulasi kartu.

Lini belakang terjadi perubahan yang signifikan. Sektor bek kanan dan kiri dihuni oleh Gavin Kwan Adsit serta Ricky Fajrin. Kedua pemain itu menghuni pos Putu Gede Juni Antara dan Rezaldi Hehanusa yang absen karena hukuman larangan bermain. Sementara di bawah mistar gawang, Kurniawan Kartika Ajie kembali merebut posisi utama.

Pada babak empat besar, Malaysia akan menjadi lawan Timnas U-22. Pertandingan nanti diperkirakan akan panas luar dan dalam mengingat beberapa insiden kontroversial yang diterima oleh kontingen Indonesia sepanjang gelaran SEA Games 2017.

INDOSPORT mencoba mengurai secara ringan rating para pemain yang bermain kala Timnas U-22 berhasil mengalahkan Kamboja. Berikut ulasannya kepada para pembaca setia:

530