SEA Games 2017

Babak Pertama, Gawang Satria Tama Dibobol Myanmar

Selasa, 29 Agustus 2017 16:25 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Menit-menit awal babak pertama, Indonesia langsung melakukan gebrakan dengan melancarkan serangan langsung ke pertahanan Myanmar. Di menit ketujuh, skuat besutan Luis Milla nyaris saja membuka keunggulan atas lawannya.

Febri Hariyanto mengirimkan bola di dalam kotak penalti Myanmar ke arah Marinus Wanewar. Sialnya, bola sepakan Marinus masih mampu diblok lini belakang Myanmar. Usai peluang itu sendiri, Marinus sempat meringis kesakitan. Namun, setelah mendapat perawatan medis di luar lapangan, ia kembali fit dan bisa melanjutkan pertandingan.

Saat laga memasuki menit ke-15, Aung Thu yang berstatus top skor Myanmar selama SEA Games 2017 membuat jantung pendukung Indonesia nyaris berhenti. Menggiring bola sendiri ke dalam kotak penalti, Aung yang tidak terjaga melepaskan sebuah tembakan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Indonesia, bola tembakan Aung masih membentur tiang gawang.

Di menit ke-18, gawang Indonesia kembali mendapat ancaman nyata dari Myanmar. Di sinilah Satria Tama membuktikan kualitasnya sebagai salah satu kiper terbaik Timnas U-22. Dengan sigap, Satria dua kali berturut-turut menepis tendangan keras Than Paing di dalam kotak penalti.

Memasuki menit ke-22, Myanmar pada akhirnya menjadi pihak pertama yang membuka keunggulan. Adalah Than Paing yang berhasil membuat Satria Tama memungut bola dari gawangnya sendiri. Memanfaatkan umpan pendek dari rekannya di dalam kotak penalti, tembakan kaki kanan Than begitu deras menembus gawang Indonesia. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Myanmar.

Tertinggal satu gol dari Myanmar membuat Indonesia kembali meningkatkan tempo serangan. Di menit ke-39, Gavin memberi umpan kepada Marinus di dalam kotak penalti. Sayang, bola operan Gavin terlalu deras dan tidak bisa diterima dengan baik oleh Marinus.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Indonesia mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari situasi tendangan bebas di dekat kotak penalti Myanmar, kemelut sempat terjadi dan bola sempat lepas dari tangan kiper Sann. Skor 1-0 untuk keunggulan Myanmar bertahan hingga akhir babak pertama.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Indonesia: Satria, Andy, Hansamu, Ricky, Gavin, Hargianto, Evan, Febri, Haay, Septian, Marinus.
Pelatih: Luis Milla.

Myanmar: Sann, Nan Wai, Htike, Thiha, Hlaing, Aung, Si Thu Aung, Mg Lwin, Yan Naing, Than Paing, Hein Thiha.
Pelatih: Gerd Zeise.

1.7K