Dibuang Tottenham Hotspur, Kiper Ini Malah Jadi yang Terhebat

Rabu, 30 Agustus 2017 07:25 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Performa seorang pemain memang kadang tidak bisa dilihat dari usianya. Kadang kala, di usia yang sudah senja dalam ukuran seorang pemain sepak bola, justru penampilannya kian gemilang. Seperti itulah kira-kira yang tengah dialami kepada kiper Watford, Heurelho Gomes.

Di usianya yang sudah 36 tahun, kiper berpaspor Brasil ini tetap bisa diandalkan di bawah mistar. Faktanya, usai laga kontra  Brighton & Hove Albion, Gomes mencatatkan dirinya sebagai kiper Amerika Selatan pertama yang mampu meraih 50 clean sheets.

© internet
Caption Copyright: internetHeurelho Gomes.

Dibanding kiper-kiper asal benua Amerika yang bermain untuk klub-klub Liga Primer, catatan Gomes ini memang terbilang mentereng. Kiper yang punya catatan mendekati Gomes adalah Julien Speroni (Argentina) dengan torehan 19 clean sheets. Berikutnya ada David Ospina (Kolombia) dengan 10 clean sheets. Sementara kiper-kiper lainnya hanya menorehkan tak lebih dari 7 clean sheets.

Namun demikian, catatan Gomes ini masih belum ada apa-apanya dengan torehan Petr Cech. Kiper asal Republik Ceko itu punya catatan 190 clean sheets. Bahkan bukan mustahil kiper yang kini berkostum Arsenal itu bakal meraih 200 clean sheets pada musim ini.

Di bawah Petr Cech ada nama kiper legendaris Inggris, David James, dengan catatan 169  clean sheets. Lalu Mark Schwarzer (151 clean sheets), David Seaman (140 clean sheets), dan Nigel Martyn (137 clean sheets).

Menariknya, meski performa Gomes masih cukup menawan bersama Watford sejak bergabung pada 2014 lalu, saat ini manajemen klub justru tengah mencari sosok kiper baru. Hal ini diketahui saat Watford menawar Lovre Kalinic dari Gent. Namun, proses kepindahan Kalinic hingga saat ini belum final.

735