Piala AFF U-18

Myanmar Kalah dari Timnas Indonesia, Kelakuan Suporternya Bikin Terenyuh

Rabu, 6 September 2017 13:49 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
© PSSI
Timnas U-19 saat melawan Myanmar di laga perdana Grup B Piala AFF U-18 2017. Copyright: © PSSI
Timnas U-19 saat melawan Myanmar di laga perdana Grup B Piala AFF U-18 2017.

Ada kisah unik di balik kemenangan 2-1 Timnas Indonesia U-19 atas Myanmar di pertandingan Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (05/09/17) malam. Di laga perdana grup B tersebut, Timnas Indonesia menang berkat dua gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri.

Di laga tersebut, Myanma sempat unggul terlebih dahulu di babak pertama lewat gol  Myat Kaung Khant di menit 28. Namun Indonesia berhasil membalas dan berbalik unggul di babak kedua 2-1 berkat brace yang dibuat Egy Maulana di menit 71 dan 90+3.

Alih-alih mendapat cemoohan dari pendukung tuan rumah, saat gol Indonesia tercipta para pendukung Myanmar justru menunjukkan sikap fair play dengan bertepuk tangan dan meneriakkan "Indo..Indo..Indo.." saat mereka meninggalkan bangku penonton.

© PSSI
Timnas U-19 saat melawan Myanmar di laga perdana Grup B Piala AFF U-18 2017. Copyright: PSSITimnas U-19 saat melawan Myanmar di laga perdana Grup B Piala AFF U-18 2017.

Melihat hal tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku respek. Ia menghargai sikap sportif para pendukung setia Timnas Myanmar yang mampu menerima kekalahan timnya meski bermain di kandang sendiri.

Hal tersebut menunjukkan para penonton Myanmar menghargai para pemain Indonesia meski mereka berbalik unggul atas Timnas Myanmar di injury time. Bahkan penonton Myanmar juga menghormati Timnas Indonesia saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar.

 "Saya respek dengan itu dan berterima kasih terhadap pendukung Myanmar yang bisa menerima kekalahan dengan sikap fair play. Itulah sepakbola, jangan dikait-kaitkan dengan hal lain. Saya juga enggak akan mendengar omongan-omongan di luar sepakbola," ujar Indra seperti dilansir Goal.com.

6.3K