Persela 1-0 Perseru Serui: Samsul Arif Akhiri Tren Negatif Laskar Joko Tingkir

Jumat, 8 September 2017 19:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Persela Lamongan akhirnya mengakhiri tren negatif di lima laga terakhirnya setelah mengalahkan Perseru Serui pada pertandingan pekan ke-23 Gojek Traveloka Liga 1 2017. Tim Laskar Joko Tingkir menang dengan skor 1-0 di Stadion Surajaya, Jumat (08/09/17).

Babak Pertama

Persela langsung melancarkan serangan sejak peluit kick off ditiupkan wasit. Tuan rumah berusaha menekan untuk mencuri gol cepat, terbukti pada menit ke-11, Samsul Arif yang menusuk dari sisi kiri melepaskan tendangan dari sudut sempit. Sayangnya, bola sepakan Samsul Arif masih terlalu lemah, sehingga dapat diamankan dengan baik oleh kiper Perseru, Sukasto Effendi.

Permainan menyerang yang diperagakan Persela rupanya direspons dengan permainan terbuka oleh Perseru, hanya saja tim tamu masih kesulitan menembus lini belakang Persela.

Masuk menit ke-25, Samsul Arif kembali memberikan tekanan ke gawang Perseru Serui melalui tendangan bebas, beruntung penjaga gawang tim tamu masih bisa menghalau dengan tinjunya. Setelahnya, usaha demi usaha terus dilakukan pemain Persela Lamongan, akan tetapi menemui jalan buntu.

Menjelang babak pertama berakhir, Perseru mendapat peluang emas melalui Ryutaro Karube. Meski telah berdiri bebas, sepakan pemain asal Jepang itu hanya membentur pemain belakang Persela. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Masuk babak kedua, baik Persela maupun Perseru mengawali laga dengan tempo yang lambat. Kedua tim terlihat berhati-hati, dan mencoba mencari celah di pertahanan lawan masing-masing.

Akan tetapi, sebuah kesalahan pemain belakang Perseru pada menit ke-58 harus dibayar mahal. Samsul yang berhasil mencuri bola dari sisi kanan pertahan Perseru kemudian memperdayai bek Boman Irie Aime, sebelum akhirnya melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau kiper Sukasto.

Setelah gol tersebut, Perseru kemudian balik menekan. Sayangnya, peluang tim Kuda Laut Jingga pada menit ke-67 melalui sundulan Silvio Escobar masih melayang tipis di atas mistar gawang.
 
Menit ke-71, Samsul Arif berpeluang menambah pundi-pundi golnya. Namun, bola sontekannya masih dapat dihalau bek Tonny Roy Ayomi sebelum melewati garis gawang. 

Perseru tak tinggal diam, sebuah sepakan Mariando Uropmabin di menit ke-76 hanya melenceng tipis di sisi kiri gawang Persela. Begitu pula Silvio Escobar yang sudah berhadapan dengan kiper Choirul Huda tidak bisa mencetak gol lantaran tendangannya masih bisa diblok. Hingga wasit meniup peluit panjang tidak ada lagi gol yang tercipta dan Persela akhirnya menang 1-0.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi Persela satu tangga lebih baik ke peringkat 14 klasemen sementara dengan 27 poin. Hasil itu sekaligus memperlebar selisih poin dengan Perseru yang berada di bawahnya menjadi delapan angka.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persela: Choirul Huda; Edy Gunawan, Ramon de Mesquita, Taufiq Kasrun, M Zainal Haq (Aang 78'), Eky Taufik, Eka Ramdani (Agung 90+1'), Sandi Septian (Zainal 63'), Kosuke Uchida, Jose Coelho, Samsul Arif.
Cadangan: Alexander; Ahmad Birrul Walidan, Aang Suparman, Muhammad Agung Pribadi, Juan Revi, Zainal Arifin, Bima Nizard Nandaka.

Pelatih: Ragil Sudirman (karteker)

Perseru: Sukasto Efendi; Tonny Roy Ayomi, Boman Bi Irie Aime, Ryutaro Kurabe (Irfan 85'), Mochammad Zaenuri (Bilibig 61'), Ronaldo Meosido, Makarius Fredik Suruan, Septinus Alua (Farid 62'), Arthur Bonai, Mariando Uropmabin, Silvio Escobar.
Cadangan: Hendra Mole; Bilibig Dian Mahrus, Kalvin Wopi, Reksa Satata, Farid Wajdi, Irfan Yunus Mofu.

Pelatih: Agus Yuwono

412