Piala AFF U-18 2017

Semangat Jalani Latihan, Timnas U-19 Ternyata Punya Ritual Khusus

Minggu, 10 September 2017 13:37 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Suasana latihan para pemain Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Suasana latihan para pemain Timnas Indonesia U-19.

Sudah lebih sepekan lebih para pemain Timnas Indonesia U-19 berada di Yangoon, Myanmar guna mengikuti kompetisi Piala AFF U-18 2017. Dalam ajang tersebut, Skuat Garuda Nusantara pun sudah menunjukkan hasil yang luar biasa.

Dua kemenangan beruntun di penyisihan Grup B sudah berhasil mereka persembahkan untuk masyarakat Indonesia. Di laga perdana melawan tuan rumah Myanmar, Egy Maulana Vikri dkk berhasil menang 2-1. Prestasi itu kemudian dilanjutkan dengan kemenangan telak 9-0 saat melawan Filipina di laga kedua.

© Petrus Manus Da Yerimon/Indosport.com
Skuat Timnas U-19 menjalani latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/Indosport.comSkuat Timnas U-19 menjalani latihan.

Kini, mereka pun tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam di laga ketiga yang berlangsung pada Senin (11/09/17) besok. Sama seperti Timnas U-19, Myanmar juga punya catatan yang bagus, yakni dengan kemenangan 8-1 atas Brunei dan 5-0 atas Filipina.

Sama seperti biasanya, para pemain Timnas U-19 pun giat berlatih. Menariknya, dalam setiap sebelum dan sesudah proses latihan, para pemain dan ofisial memiliki sebuah ritual yang jarang diketahui banyak orang.

Ritual itu adalah meneriakkan yel-yel secara serempak dan penuh semangat. Setiap latihan, tiga orang pemain akan ditunjuk sebagai pemimpin untuk menyorakkan yel-yel. Setelah itu, para pemain dan ofisial tim yang lainnya akan kompak mengikuti.

© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya usai internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportPelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya.

Ritual itu sendiri dipandang positif oleh Indra Sjafri, selaku pelatih Timnas U-19. Menurutnya, meneriakkan yel-yel penambah semangat dapat meningkatkan kekompakan pemain sebagai sebuah tim.

"Bisa menambah dan membakar semangat para pemain. Makanya, dilakukan saat memulai dan mengakhiri kegiatan latihan,’’ kata pelatih yang sukses membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 ini seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

"Pemain harus bangga membela negaranya. Mereka harus punya tekad kuat mengharumkan nama bangsa di pentas internasional," ucap pria kelahiran 2 Februari 1963 tersebut.

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Prediksi Indonesia vs Vietnam Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.comVietnam menjadi lawan ketiga Timnas U-19 di Piala AFF U-18 2017.

Dari pengakuan mantan pelatih Bali United itu, ritual menyanyikan yel sebelum dan sesudah latihan sudah berlangsung lama. Bahkan sudah berjalan sejak mereka semua melakukan pemusatan latihan di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Sedikit informasi, dalam tabel klasemen Grup B Piala AFF U-18 2017 tengah berstatus runner up dengan torehan enam poin. Posisi puncak sendiri ditempati oleh Vietnam dengan poin yang sama, namun unggul dalam hal jumlah gol.

1.4K