Klopp Beberkan Alasan Bangku Cadangkan Coutinho

Senin, 11 September 2017 19:40 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Irfan Fikri
© getty images
Jurgen Klopp dan Philippe Coutinho. Copyright: © getty images
Jurgen Klopp dan Philippe Coutinho.

Bos Liverpool, Jurgen Klopp tak pernah menyesali keputusannya untuk tidak menurunkan pemain bintangnya, Phillip Coutinho saat laga kontra Manchester City beberapa waktu lalu.

Banyak kritik yang ditujukan padanya ketika Klopp memilih untuk menahan Coutinho berlaga bersama rekan-rekannya.

© INDOSPORT
Mohamed Salah ketika berduel dengan Otamendi. Copyright: INDOSPORTMohamed Salah ketika berduel dengan Otamendi.

Para pemain Liverpool mencatat momen-momennya sendiri dalam laga tersebut. Lihat Sadio Mane yang akhirnya diganjar kartu merah usai melukai wajah kiper Man City, Ederson Moares.

Lain lagi dengan Mohamed Salah yang sempat memiliki kesempatan untuk menjebol gawang Moares, namun kiper tersebut terus saja menggagalkan usahanya. Coutinho tak memiliki momen-momen itu.

Namun tetap saja, Klopp menilai keputusannya pada Coutinho bukan kesalahan. "Saya tidak yakin ini akan menjadi mudah, namun jika mudah sekalipun -- jika kita membawa dia masuk dan segalanya menjadi hebat lagi -- tentu itu akan bagus," komentar Klopp.

Ia mengakui bersama dengan Coutinho, timnya tidak selalu mampu menciptakan kesempatan lebih melawan City pada pertandingan-pertandingan sebelummnya.

"Ya, kita memang menghasilkan gol lebih dari pertandingan lainnya. Namun ini adalah keputusan kita untuk tidak memainkan dia," jelasnya pada Give Me Sport.

Mantan pelatih Borrusia Dortmund itu tak mempermasalahkan jika banyak pihak yang menyalahkannya. Namun ia memastikan bahwa hal itu sudah ia putuskan untuk musim ini. 

© INDOSPORT
Philippe Coutinho, gelandang serang Liverpool. Copyright: INDOSPORTPhilippe Coutinho, gelandang serang Liverpool.

Pertimbangan tidak menurukan Coutinho adalah karena pemainnya itu telah melalui penerbangan yang panjang setelah tiga minggu tidak bermain.

"Kita akan memiliki laga pada Rabu depan dan Sabtu depan. Kita akan memberikan dia tiga sampai empat hari untuk berlatih, lalu ia akan siap untuk bermain dengan kita," ujar Klopp.

289