Fakta Mencengangkan Sepakbola Vietnam

Senin, 11 September 2017 15:23 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Myanmar Football Federation
Skuat Vietnam Copyright: © Myanmar Football Federation
Skuat Vietnam

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Vietnam di pertandingan ke-3 Piala AFF U-18, Senin (11/09/17). Sama-sama meraih hasil manis di dua laga perdana, pertemuan kedua kesebelasan kuat di Asia Tenggara itu bakal menentukan perjalanan tim tersebut.

Vietnam unggul agresifitas gol atas Indonesia setelah berhasil unggul 8-1 (vs Brunei Darussalam) dan 5-0 (vs Filipina). Sementara Timnas U-19, dengan koleksi poin dan jumlah kemenangan yang sama, masih kalah selisih gol meski menang 2-1 melawan Myanmar dan 9-0 atas Filipina.

Terakhir kali Indonesia bertemu dengan Vietnam adalah di ajang penyisihan grup SEA Games 2017. Bermain tanpa Evan Dimas yang mengalami akumulasi kartu kuning, anak asuh Luis Milla ditahan imbang lawannya dengan skor 0-0.

© Myanmar Football Federation
Vietnam vs Filipina Copyright: Myanmar Football Federation
© Myanmar Football Federation
Vietnam vs Filipina Copyright: Myanmar Football FederationVietnam vs Filipina.

Beberapa pengamat mengatakan jika gaya bermain sepakbola Vietnam mirip dengan Jerman. Apalagi setelah mereka diasuh oleh eks juru taktik Timnas senior Indonesia asal Austria, Alfred Riedl.

Di ajang Piala Asia tahun 2007 silam, mereka sempat mengalahkan Uni Emirate Arab (UEA) dan menahan imbang Qatar. Vietnam lantas melaju hingga babak perempatfinal, namun sayang kandas di babak itu. Kecemerlangan mereka di ajang tersebut membuat Vietnam mulai diperhitungkan, dan imbasnya, kompetisi liga mereka semakin ramai.

Salah satu bintang Brasil ketika itu, Denilson, pernah merasakan atmosfer sepakbola di Vietnam, tepatnya tahun 2009. Lucunya, ia hanya bermain selama 45 menit saja bersama Hai Phong Cement FC. Usai laga tersebut ia memutuskan mengundurkan diri karena cedera parah.

Banyak fakta-fakta menarik dan mencengangkan yang pernah dan sedang terjadi di Vietnam. Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam deretan fakta mencengangkan sepakbola Vietnam.