Begini Nasib Liverpool Saat 'Ditinggal' Sadio Mane

Sabtu, 16 September 2017 19:22 WIB
Penulis: Eunike Reni Agustine Siregar | Editor: Joko Sedayu
© @Wryan Browne/BPI/REX/Shutterstock
Sadio Mane mendapat larangan main selama tiga pertandingan. Copyright: © @Wryan Browne/BPI/REX/Shutterstock
Sadio Mane mendapat larangan main selama tiga pertandingan.

Sadio Mane telah mendapat larangan bermain dalam tiga pertandingan setelah kartu merah yang didapatkannya akhir pekan lalu. Padahal dia adalah pemain andalan Liverpool sejak kedatangannya pada musim panas 2016 lalu.

Untuk Liga Primer Inggris musim ini saja, pemain berdarah Senegal itu telah menyumbang 3 gol dari 4 pertandingan bersama The Reds. Bahkan, pelatih Jurgen Klopp menilai Mane sebagai pemain cepat, kreatif, dan subur dalam mencetak gol.

© INDOSPORT
Sadio Mane melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya. Copyright: INDOSPORTSadio Mane melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya.

Namun sayang, ia terpaksa harus absen dari tiga laga berikutnya bersama Liverpool setelah melawan Manchester City, Sabtu (09/09/17).

Kala itu terjadi 'bentrokan dasyat' di mana kaki Mane tak sengaja menendang wajah penjaga gawang Man City, Ederson. Hal itu dianggap pelanggaran hingga ada sanksi kartu merah yang diberikan wasit, Jon Moss. Padahal Liverpool telah mengajukan banding atas indisiden itu, namun ditolak oleh pihak FA.

Kalau begitu, bagaimana dampaknya terhadap The Reds? Alasannya peran Mane begitu besar dan berkesan bagi Liverpool sendiri.

Mane akan absen ketika Liverpool menjamu Burnley, Sabtu (16/09/17) dan bertandang ke Leicester City, Sabtu (23/09/17), di kancah Liga Primer Inggris. Selain itu dia juga absen pada kancah Piala Liga Inggris ketika Liverpool bertamu ke markas The Foxes di King Power Stadium, Rabu (20/09/17).

Menurut pengamat Daily Mail, Glen Williams, kehadiran sosok Mane membuat klubnya mampu menciptakan rata-rata dua sampai tiga gol per pertandingan. Sedangkan tanpa kehadiran Mane klub ini hanya mampu memberikan setengahnya.

Artinya menurut data Daily Mail, peluang kemenangan pihak Klopp dengan hadirnya seorang Mane sebersar 63,3 persen. Sementara itu dengan hilangnya Mane, klub ini hanya berpepluang 41,7 persen untuk menang.

Kehadiran pemain berusia 25 tahun bisa memberikan klubnya 2,1 poin per laga, namun absennya penyerang Liverpool yang satu ini hanya bisa mendapat 1,6 poin per laga.

© Internet
Jurgen Klopp dan Sadio Mane Copyright: InternetJurgen Klopp dan Sadio Mane

Lalu, bagaimana Klopp bisa mempertahankan timnya saat berlaga melawan Burnley? Dilansir dari Daily Mail, Glen melihat bahwa kembalinya Philippe Coutinho saat melawan Sevilla, Rabu (13/09/17) kemarin, memberikan dorongan yang besar bagi Klopp, sekaligus ada pemain pengganti yang siap pakai.

Klopp berharap playmaker asal Brasil itu bisa memberi pengaruh bagi Liverpool untuk bangkit dari kekalahan 5-0 mereka di tangan Man City. Apalagi mereka juga kurang beruntung ketika bermain imbang 2-2 dengan Sevilla di Anfield.

437