Liga Primer Inggris

Pengusaha Asia Ini Bernafsu Kuasai Arsenal

Rabu, 4 Oktober 2017 10:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Galih Prasetyo
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Stan Kroenke (pemilik Arsenal) Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Stan Kroenke (pemilik Arsenal)

Stan Kroenke dilaporkan telah mengajukan tawaran menggiurkan kepada Alisher Usmanov, demi menjadi pemegang saham terbesar Arsenal. Pengusaha asal Amerika Serikat itu mengajukan tawaran hampir £525 miliar (sekitar 83 triliun) kepada konglomerat asal Uzbekistan tersebut.

Pria 70 tahun itu saat ini memiliki 67 persen saham The Gunners. Jika ia berhasil membeli saham Usmanov (30,4 persen), itu akan membuatnya menjadi pemilik tunggal saham Meriam London dengan total 97 persen.

The Guardian melaporkan kalau Kroenke sedang merayu Usmanov dengan menyodorkan £28.000 (sekitar 444 juta) per saham untuk memuluskan jalannya menjadi pemegang saham mayoritas Arsenal.

Jika benar-benar terjadi, hal itu malah membuat kekhawatiran dari para fans untuk masalah transparansi klub. Ketakutan lainnya adalah kemampuan Kroenke untuk memimpin klub sebagai pengaruh dalam urusan membeli pemain, seperti keluarga Glazer di Manchester United.

Alisher Usmanov dan Stan Kroenke.

Usmanov merupakan pemegang saham terbesar kedua di Emirates Stadium dan sebelumnya telah beberapa kali mencoba untuk mengambil alih saham klub tersebut dari Kroenke. Upaya terakhir yang coba dilakukan pengusahan 64 tahun tersebut terjadi pada Mei 2017.

Pada bulan Mei kemarin, Usmanov mengajukan tawaran senilai £2 miliar (setara Rp32 triliun) untuk membeli saham mayoritas yang dikuasai Kroenke. Namun ditolak mentah-mentah oleh konglomerat asal Amerika Serikat tersebut.

Alisher Usmanov.

Desas-desus tentang masa depan Usmanov di Arsenal terus berhembus kencang dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya Kroenke juga mencaplok pemegang saham Arsenal lainnya dari konglomerat asal Iran, Farhad Moshiri, yang kini telah membeli 49,9 persen saham Everton.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
60%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%